Harimau Terkam Ternak di Aceh Jaya, Warga Resah

  • Whatsapp
Seekor sapi milik Ali Basyah mati akibat diserang harimau di Desa Babah Ie Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Senin (17/8/2020) (Foto/Ist)

ACEH JAYA, INFONANGGROE.com – Warga Desa Babah Ie Kecamatan Jaya, Aceh Jaya dihebohkan dengan penemuan seekor sapi mati akibat serang harimau, Senin 17 Agustus 2020.

Seperti dilansir republikaceh, Keuchik (Kepada Desa) Desa Babah Ie, Ali Basyah membenarkan ada kejadian tersebut.

“Benar, itu memang sapi saya. Sapi itu mati akibat diterkam oleh harimau dan kejadiannya semalam,” ujar Ali Basyah.

Dirinya mengungkapkan jika pada tahun sebelumnya juga telah terjadi kejadian yang sama terhadap binatang peliharaan para warga di desa tersebut.

Baca juga:
Seluruh Kepala Desa kecamatan Teluk Dalam Adakan Silaturahmi Di Wisata Mangrove

“Tahun lalu juga sudah terjadi dan itu sapi milik adik saya. Sesudah kejadian itu, Kami fikir harimau tersebut sudah kembali ke kawasan hutan gunung geurutee, tapi nyatanya masih berada di seputaran Desa” ujarnya.

Dirinya menerangkan, pasca kejadian tersebut membuat warga setempat merasa trauma. Warga yang beraktifitas malam di lokasi kejadian telah memilih berhenti.

“warga di sini melakukan aktifitas malam di kawasan tersebut, seperti berkebun, menjaga tambak. Kini mereka trauma dan sudah tidak beraktifitas,” jelasnya.

Ali Basyah berharap, Dinas terkait agar segera menanggulangi persoalan harimau tersebut, sehingga warga bisa kembali nyaman beraktifitas seperti sedia kala.

Baca juga:
Abrar Zym : Pimpin Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75

Sementara itu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Peduli menghimbau kepada warga di kawasan Kecamatan Jaya untuk berhati-hati terhadap serangan binatang buas saat hendak berada di kebun.

“Kita menghimbau kepada warga Kecamatan Jaya untuk berhati-hati saat berada di kebun atau hutan. Pasalnya, baru-baru ini ditemukan seekor sapi mati di Desa Babah Ie Kecamatan Jaya diduga akibat diterkam harimau,” ungkap Herman, Sekjend LSM Kita Peduli, Senin (17/8) di Lamno.

Dirinya menerangkan, Jika dilihat dari bekas luka pada bangkai sapi tersebut di bagian mulut, menyerupai gigitan harimau.

“Bedasarkan keterangan beberapa warga saat kami ke lokasi kejadian. Mereka juga sudah sangat sering melihat harimau berkeliaran di dalam kawasan pinggiran Desa Babah Ie,” ujarnya.

Herman mengungkapkan, ditemani beberapa warga setempat dirinya mencoba menyisir seputaran lokasi dan menemukan jejak harimau yang mengarah ke pemukiman warga.

“Temuan jejak harimau ini tentunya membuat warga setempat resah. Untuk saat ini belum diketahui persis jumlah ternak yang telah menjadi mangsa harimau” sebutnya.

Baca juga:
3 Pengunjung Pantai Lhoknga Tenggelam, 2 Selamat 1 Meninggal

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang mencoba berkoordinasi dengan pihak BKSD Aceh untuk menindaklajuti informasi tersebut agar dilakukan pengusiran terhadap hewan Panthera Tigris Sumatrae yang diduga telah masuk kawasan Desa Babah Ie Kecamatan Jaya Aceh Jaya.

Atas adanya temuan tersebut, Herman kembali menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa.

“bila ada temuan-temuan lain, masyarakat diharapkan untuk melapor kepada kita atau petugas lain yang menanggani bagian satwa liar di kabupaten aceh jaya” pungkas Herman.

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait