Masyarakat Harus Kooperatif Dukung Cegah Pemerintah Virus Corona

  • Whatsapp
Masyarakat Harus Kooperatif Dukung Pemerintah Cegah Virus Corona

NAGAN, INFONANGGROE.com – DPD Solidaritas Generasi Aceh Perubaha (SiGAP) Kabupaten Nagan Raya melalui penyampaian Ketua DPD Nagan Syahrul merespon serius dampak bahaya dari penyebaran virus CORONA atau disebut juga dengan COVID-19 yang telah menyebar ke lebih dari 90 Negara di Dunia termasuk Indonesia. Hal ini disampaikan pada media infonanggroe.com, Minggu 22 Maret 2020.

Berbagai upaya pencegahan corona, tidak terkecuali Indonesia yang terus dilakukan penanganan pencegahan COVID-19 dengan menerapkan langkah-langkah preventif seperti melakukan aktivitas belajar di rumah bagi pelajar, bekerja dari rumah bagi ASN, Dan mengharuskan masyarakat mengisolasi diri dirumah hingga melarang melakukan kegiatan yang mengundang keramaian. Akan tetapi, hal yang berbeda dengan masyarakat Aceh meskipun kebijakan plt.gubernur Aceh Nova Iriansyah telah meminta masyarakat menghindari tempat perkumpulan massa yang dianggap tidak penting. Namun kenyataanya, arahan ini seakan tidak dihiraukan oleh masyarakat Aceh yang terkesan apatis melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

Indikasi ini dikatakan misalnya terdapat banyak aktivitas dimalam hari yang masih terus berjalan dan ramai perkumpulan masa, misalnya tempat-tempat seperti warung kopi, tempat hiburan, cafe, tempat umum pusat perbelanjaan kian ada kerumunan masa disejumlah kabupaten/kota di Aceh. Padahal surat himbauan dan arahan MUSPIDA Aceh serta surat edaran gunenur Aceh telah tegas melarang masyarakat beraktivitas di pusat keramaian. Namun kenyataanya, kita melihat masyarakat seakan abai atas seruan MUSPIDA tersebut.

Menanggapi gejala sosial ini, kita meminta pemerintah lebih tegas dengan melibatkan aparat keamanan agar menertipkan masa dipusat keramaian guna mencegah menularnya wabah virus corona. Langkah ini penting dilakukan sebagai tindakan hukum serius sebagai bentuk antisipasi pemerintah dan penegak hukum dalam menyelamatkan warganya dari penyebaran virus corona.

Untuk itu, DPD SIGAP Nagan ikut mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat bisa mematuhi aturan yang dikeluarkan pejabat yang berwenang. Kita juga sangat mengharapkan adanya sinergisitas masyarakat dan pemerintah yang baik dalam mendukung kebijakan yang dibuat, ungkap syahrul.

Ditambahkan syahrul, bahwasanya virus berbahaya ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini yang hingga kini telah menembus angka 100.000 lebih kasus positif terinfeksi dan kematian diakibatkan oleh virus ini lampaui angka 3000 orang meninggal dunia, ungkap Syahrul.

Semua Negara terjangkit COVID-19 hingga kini terus berupaya untuk menghentikan penyebaran pendemi mematikan ini dengan berbagai cara penanggulangan mulai dari mengkarantina setiap orang yang terjangkit COVID-19 hingga mewajidkan setiap warganya untuk berdiam diri dirumah atau tidak melakukan aktifitas diluar rumah (isolasi). Upaya belahan dunia terus dikampanyekan untuk mengendalikan penyebaran virus ini dengan melakukan karantina dan isolasi terhadap warganya.

Langkah ini juga dilakukan dinegara maju seperti Italia, Iran dan bahkan Arab Saudi melakukan hal yang sama, cara ini dianggap efektif guna mencegah penyebaran COVID-19. Untuk itu, kita berharap Indonesia sebagai negara terbanyak populasi dunia, mengharapkan pemerintah bisa sukses menanggulangi penularan virus corona terhadap warganya. Kuncinya tentu pada sinergisitas dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan warganya. Tanpa kerjasama yang baik dan dukungan masyarakat, maka apapun kebijakan yang dibuat pemerintah akan sia-sia, tutup Syahrul.

Aliexpress WW
Rubrik       : Nanggroe
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait