Kelompok PKK Gampong Lamkeunung Adakan Bazar UKM

  • Whatsapp
Kelompok PKK Gampong Lamkeunung Adakan Bazar UKM

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP-PKK) Gampong Lamkeunung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar mengadakan Bazar UKM yang bertempat di halaman menasah gampong Lamkenueng. Minggu, 21 Juni 2020.

Bazar UKM gampong Lamkeunung mulai dilaksanakan dari bulan (3/20), hal ini diungkapkan Darwina kepada awak media Infonanggroe.com setelah acara Bazar selesai.

Baca juga:
Bupati Aceh Besar Wacanakan Pulo Aceh Sebagai Tempat Pengembangan Sapi Aceh

Darwina mengatakan program Bazar yang digerakkan oleh tim PKK gampong Lamkeunung sangat membantu masyarakat untuk lebih produktif. Dalam Bazar UKM melahirkan beberapa kegiatan antaranya program barter sampah dengan sembako, disini masyarakat membawa sampah ketempat Bazar, kemudian sampah tersebut di timbang dan dihargakan, dari jumlah harga tersebut masyarakat dapat mengambil paket sembako berupa telur ayam, telur bebek, gula, beras, minyak goreng dan sayuran. Ucap Darwina.

Lanjut Darwina, selain program Barter sampah dengan paket sembako, masyarakat juga dapat memasarkan hasil produk UKM di tempat tersebut. Program Bazar UKM dilakukan satu bulan sekali, dilakukan pada hari minggu dari pukul delapan pagi sampai pukul 11 siang. Dilaksanakan dihari minggu karena seluruh warga berada di gampong, kalau dihari lain masyarakat disibukkan dengan aktivitas dan pekerjaan.

Penggagas Bazar UKM gampong lamkeunung ini menambahkan, dengan adanya program barter sampah dengan sembako telah menekankan angka buang sampah sembarangan, masyarakat sudah terbiasa mengumpulkan sampah dirumah karena bernilai ekonomis yang dapat ditukarkan saat bazar dibuka, Ucap Darwina.

Baca juga:
Arfiansyah S.Pd Sumbang Masker Kepada Puskesmas Darussalam

Pemilik UKM Wina Mandiri juga mengatakan modal untuk menggerakkan Bazar UKM gampong Lamkenueng ini diberikan oleh warga lamkeunung sendiri, karena ide yang menarik dan produktif serta dapat menggerakkan nilai tambahan ekonomi warga, sehingga berani memberikan modal untuk terlaksana kegiatan tersebut. Kata Darwina.

Masih Darwina, program tersebut sudah mulai dicontohkan di beberapa gampong di Aceh Besar. Dan dengan program ini dapat menambahkan pemasukan kas PKK Gampong Lamkeunung, serta diakhir tahun kita dapat memberikan sedikit salary kepada panitia palaksana kegiatan Bazar. Tutur Darwina.

Keuchik Gampong Lamkeunung Amiruddin Idris dalam sambutannya saat membuka acara Bazar UKM mengapresiasi kepada tim PKK telah membuat program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam mendongkrak perekonomian warga gampong Lamkeunung. Saya juga berharap seluruh masyarakat Lamkeunung ikut berpartisapasi dalam kegiatan seperti ini. Ucap Amiruddin.

Rubrik       : Bisnis
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait