Masyarakat Desa Peulante Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Kecamatan Bubon Aceh Barat

  • Whatsapp
Masyarakat Desa Peulante Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Kecamatan Bubon Aceh Barat

ACEH BARAT, INFONANGGROE.com – Masyarakat Desa Peulante unjuk rasa di depan kantor kecamatan bubon ingin berjumpa dengan Camat untuk membahas masalah Kepala Desa Peulante atas dugaan penyelewengan anggaran desa dan diminta untuk dicopot, Senin 27 April 2020.

Ahmad Yani selaku koordinator aksi mengatakan “ Yang hadir pada hari ini adalah semua pemuda dan tokoh – tokoh desa dalam rangka menyatakan mosi tidak percaya kepada pemimpin kami yaitu saudara Safari selaku Kepala desa peulante yang mana kami semua masyarakat sudah tau bahwa beliau telah menyalah gunakan wewenang terhadap penggunaan dana desa tahun 2019”, ucapnya.

Ahmad menambahkan, Karena kami selaku masyarakat juga mengetahui kenjanggalan yang di lakukan oleh saudara Safari selaku kepala desa yang mana memberikan pinjaman kepada warga desa Samatiga yang berinisial AY sebesar Rp.300.000.000 (Tiga Ratus Juta Rupiah), padahal itu jelas menyalahi aturan karena AY bukan bagian dari masyarakat Bubon.

“Kami selaku masyarakat menuntut kepada kepala desa agar segara melakukan pengembalian uang tersebut, karena sampai saat ini kami lihat belum ada tindak lanjutnya, yang mana ketika kami tanyakan kepada kepala desa beliau hanya menunjukkan bon kepada kami, dan kami meminta uang itu segara di kembalikan, karena itu adalah uang pembangunan fisik desa, jangan gara – gara penyalahan gunaan anggaran tersebut pembangunan fisik desa terhambat,” Tegasnya.

Selain itu kami selaku pemuda juga merasa heran terhadap kepala desa kami yang mana persoalan ini sudah sangat lama ingin kami tindak lanjuti dan yang anehnya lagi kepala desa kami membuat laporan kepada kapolsek bubon, terhadap pekara ini, se olah – olah dia seperti tidak bersalah, padahal itu dia seperti ingin melaporkan diri sendiri, sehingga sudah kami lakukan sebanyak 7 kali mediasi dengan pihak bersangkutan tersebut untuk membuat surat pernyataan, dan sampai saat ini belum ada penyelesaian masalah tersebut sesuai dengan surat pernyataan, sehingga membuat kami geram dan melakukan aksi di kantor kecamatan bubon. Tutupnya.

Yulisman Yahya SE M.S.i Camat Kecamatan Bubon mengatakan jika memang masyarakat sudah mengeluarkan mosi tidak percaya kepada kepala desa peulante saudara Safari, maka masyarakat harus mempersiapkan berkas untuk kita lakukan Pjs kepada Sekdes selaku yang memiliki tangung jawab dan sesuai dengan aturan yang ada, permasalahannya masyarakat sudah tidak percaya kepada kepemimpinan Safari selaku kepala desa, karena dalam pelaksanaan kegiatan desa peulante beliau tidak terbuka terhadap masyarakat, maka timbullah persoalan seperti ini sehingga masyarakat datang kepada kami pihak kecamatan dalam rangka meminta untuk melakukan pergantian kepala desa.

Yang perlu kita ketahui bahwa saudara Safari selaku kepala desa peulante tidak melakukan pengelapan dana, cuma hanya penyalah gunaan anggaran, dan persoalan itu sudah di selesaikan kemarin oleh pihak kapolsek Bubon dan dana itu sudah di kembalikan kepada desa tersebut.

Maka dari itu harapan kami selaku dari pihak kecamatan kepada semua masyarakat bubon untuk menjaga kemananan dan kenyamanan sehingga dalam menjalankan roda kepemimpinan ini sesuai dengan aturan dan ketentuan, supaya kegiatan puasa kita ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala atau persoalan yang tidak kita inginkan, kami selaku muspika kecamatan Bubon berupaya sebaik mungkin untuk saling menjaga dan berkomunikasi dengan masyarakat agar terciptanya kenyamanan dan kedamaian di dalam masyarakat Bubon. Tutupnya

Rubrik       : Nanggroe
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait