MAN 1 Aceh Besar Gelar Worshop E-Learning Untuk Guru Dan Tenaga Kependidikan

  • Whatsapp

ACEH BESAR, INFONANGGROE.com – Guna mempersiapkan dan memantapkan penggunaan program dan aplikasi E-Learning menjelang Tahun Pelajaran 2020/2021, MAN 1 Aceh Besar menggelar Workshop E-Learning Madrasah.

Workshop dilaksanakan pada Sabtu 18 Juli 2020 diikuti oleh 63 unsur pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Kepala MAN 1 Aceh Besar Arjuna, S. Pd, M. Pd dalam sambutan saat membuka acara mengatakan sangat mengapresiasi atas terlaksananya workshop dalam rangka menunjang pembelajaran E Learning, meskipun masih pada masa libur akhir tahun pembelajaran hampir seluruh guru bisa hadir secara maksimal guna mengikuti kegiatan.

“Semoga kedepan MAN 1 Aceh Besar semakin lebih baik hebat dan bermartabat,” ucap Arjuna.

Pengawas dan pembina MAN 1 Aceh Besar Ratna Zaidah, S. Ag, M. Ed. dalam sambutannya menyampaikan, “workshop ini sangatlah penting guna untuk mempersiapkan Pembelajaran

Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya diperlukan persiapan yang memadai sehingga akan terlaksana pembelajaran dengan baik. Masa pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran lebih kreatif, inovatif dan berbasis daring” ungkap Ratna.


Acara tersebut dipandu langsung oleh Tim IT dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Bapak Crairul Amri, S. Ag. Semua guru terlihat antusias dalam mengikuti workshop dengan tetap mengindahkan protokoler kesehatan.

Mengawali pembicaraannya Chairul mengatakan bahwa program dan aplikasi ini telah lama diluncurkan oleh Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. Program ini dilakukan dalam rangka digitalisasi madrasah menyongsong revolusi industri 4.0. Artinya bukan semata-mata dilakukan saat kondisi pandemi Covid-19. Dalam E-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat.

Selain siswa siswi, terdapat lima user lain yang dapat mengakses E-Learning Madrasah yaitu untuk Operator Madrasah, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah. Masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi E-Learning Madrasah, kapanpun dan dimanapun. Ucap Chairul.

Lanjut Chairul dalam workshop ini peserta langsung praktik menggunakan akun sebagai guru mata pelajaran, yang mana nanti akan belajar banyak fitur dalam kegiatan proses pembelajaran. Dimulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Hal senada juga disampaikan wakil kepala madrasah bidang Humas MAN 1 Aceh Besar Maria Ulfa, S. Pd, M. Pd workshop ini dilakukan dalam rangka inovasi madrasah dalam hal teknologi informasi serta menunjang program kementerian Agama, dimana mulai tahun ini akan menerapkan penggunaan aplikasi E-Learning Madrasah dalam pembelajaran.

“Dengan E-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat,” tambahnya.

Rubrik       : Pendidikan

Pos terkait