Implementasi KMA 183 dan 184, K2MA Kemenag bekali Guru PAI dan Bahasa Arab

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Dalam rangka implementasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 dan 184 tahun 2019, Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (K2MA) mangadakan workshop bagi guru PAI dan Bahasa Arab Madrasah Aliyah dilingkungan kemenag Aceh Besar yang dilaksanakan di Aula Madrasah terpadu Tungkop Aceh Besar, Rabu 12 Agustus 2020.

Workshop sehari ini di buka langsung oleh kepala kementerian agama kabupaten Aceh Besar H. Abrar Zym, S.Ag. Dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk menyamakan persepsi terhadap penerapan KMA 183 dan 184 pada madrasah.

Abrar Zym juga mengatakan dengan adanya KMA 183 dan 184 maka KMA 165 tahun 2014 tidak berlaku lagi. Penerapan KMA 183 dan 184 guna mempersiapkan manusia agar memiliki pola pikir dan sikap keagamaan yang moderat, inklusif, berbudaya, religius serta memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif serta mampu menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.

Lanjutnya selain itu juga untuk mendorong dan memberi ruang berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah. tutur Abrar didepan kepala madrasah Aliyah dan para guru yang menjadi peserta workshop.

Kegiatan workshop yang di moderatori oleh Ketua K2MA Aceh Hj. Nuranifah, S.Ag ini diikuti oleh 50 peserta dari setiap Madrasah Aliyah yang ada di Aceh Besar. Sebagai Ketua K2MA berharap seluruh peserta workshop dapat mengikutinya sampai selesai sehingga apa yang disampaikan pemateri dapat diimplementasikan di madrasah masing-masing. Ucap Nuranifah didampingi ketua K2MA Kabupaten Aceh Besar Jawahir, S.Pd.I

Pemateri workshop implementasi KMA 183 dan 184 tahun 2019 dihadirkan dari balai diklat kementerian agama Aceh DR. Nirwani Jumala, M.Pd

Dalam paparan meterinya Nirwani mengatakan untuk memahami KMA 183 tahun 2019 maka perlu dilakukan analisis pada setiap masing mata pelajaran. Selain itu guru PAI dan Bahasa Arab tidak hanya menuntaskan KI 3 dan 4 tentang pengetahuan dan keterampilan, tapi mampu melahirkan peserta didik yang sukses, memiliki kompetensi seperitual dan sosial (beriman, bertaqwa, cerdas, mandiri, tanggung jawab dan berakhlaq mulia).

Pemateri juga berharap melalui MGMP PAI dan Bahasa Arab penerapan KMA 183 dapat berjalan secara maksimal pada seluruh madrasah aliyah di Aceh Besar. Ucap Nirwani.

Peserta workshop merupakan perwakilan dari 8 mata pelajaran antaranya Quran Hadis, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqh, Tafsir, Hadis, Ushul Fiqh dan Bahasa Arab. Dan peserta akan melakukan tindak lanjut di madrasah sendiri agar seluruh guru dapat memahami serta menerapkan KMA 183.

K2MA akan terus memonitoring setiap madrasah dalam penerapan KMA 183 dan 184 dan memastikan MGMP menyusun modul dan RPP pembelajaran berdasarkan jabaran isi dari KMA tersebut. Tutup Nuranifah yang juga Kepala MAN 4 Aceh Besar diakhir kegiatan.

Unduh file pdf klik dibawah ini:

KMA No 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implement

KMA_NOMOR_183_TAHUN_2019_PAI_DAN_BAHASA_ARAB_KAMI_MADRASAH_BLOGSPOT

Rubrik       : Pendidikan

Pos terkait