Kegiatan Perluasan Area Tanam Baru Kelompok Al-Fallah

  • Whatsapp

ACEH BESAR, INFONANGGROE.com – Farmer Field Day (FFD) Kegiatan Perluasan Area Tanam Baru Kelompok Tani AL-FALAH, Gampong Luthu Lamweu, Kecamatan Sukamakmur Aceh Besar. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Kabupaten Aceh Besar Fahrizal, SP , Koordinator BPP Sukamakmur Nopridawati, SP dan seluruh personil Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah kerja BPP Sukamakmur. Senin, 15 Maret 2021.

“Hasil sampel ubinan di lokasi kegiatan sanggat memuaskan dengan produktivitas 8.3 ton/hektar sehingga membuat petani tergiur untuk merealisakan kegiatan PATB tersebut di musim tanam selanjutnya,” ujarnya Fahrizal.

Ia melanjutkan, sangat mengapresiasikan Kegiatan PATB ini dan menyarankan untuk meningkatkan antusias para petani karena bagi mereka kegiatan penyuluhan pertanian seperti ini sangat bermanfaat.

“Penyuluh bersama para petani untuk mendiskusikan masalah-masalah yang di hadapi dalam membudidayakan Padi Sawah seperti masalah hama dan penyakit. Masalah kesulitan mendapatkan pupuk dan masih sangat minimnya fasilitas usaha tani untuk desa Luthu Lamweu,” sebutnya.

Nopridawati Koordinator BPP menambahkan, para petani untuk bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik sehigga bisa menghasilkan maanfaat yang berkelanjutan.

“PATB sumber dana APBN Tahun 2020 di wilayah kami yang di Alokasikan pada Kelompok tani AL-FALAH seluas 5 Hektar. Sarana Produksi yang disalurkan oleh pemerintah bersifat fisik berupa Benih, Pupuk NPK, Pestisida, Herbisida dan Pupuk Organik Cair (POC),” jelasnya Nopridawati.

Lanjutnya, kegiatan PATB tersebut juga tidak terlepas dari Tanggung Jawab Penyuluh Pertanian desa Luthu Lamweu Agussalam dan Ketua Kelompok Tani AL-FALAH Shiyamusyamsi yang terus mendukung dan memberikan motivasi kepada para petani sehingga kegiatan berjalan sukses dan berkelanjutan.

“Ada beberapa kendala yang terjadi selama pelaksanaan Kegiatan Perluasan Area Tanam Baru (PATB) yaitu terjadinya musim kemarau yang menyebabkan sawah yang dijadikan Lokasi Kegiatan Perluasan Area Tanam Baru (PATB) mengalami kekeringan dan tidak adanya air sehingga Tanaman Kekurangan Air,” tutupnya.[]

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait