Dosen UTU Riset Sistem Penankapan Ikan Ramah Lingkungan

  • Whatsapp

ACEH BARAT, INFONANGGROE.com – Dosen Universitas Teuku Umar (UTU)melaksanakan Pengabdian berbasis riset, Kegiatan Pengabdian ini dipimpin oleh Hafinuddin S.Pi., M.Sc Dosen Prodi Perikanan FPIK UTU dengan beranggotakan Dedy Darmansyah SP MSi Dosen Prodi Agribisnis FP UTU dan Ikhsanul Khairi SPi MSi Dosen Prodi Perikanan FPIK UTU serta melibatkan mahasiswa. Rabu, 17 Maret 2021.

Pelaksanaan kegiatan ini terpusat pada Desa Kuala Bubon Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat yang dikenal sebagai daerah yang memiliki potensi pengolahan ikan.

Pengabdian pengembangan sumberdaya perikanan berkelanjutan melalui penerapan rumpon Ijuk dan perspektif hilirisasi produk hasil perikanan bagi nelayan ini tidak terlepas dari wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui transfer IPTEK.

“Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah edukasi pola penangkapan ramah lingkungan melalui rumpon dengan biaya yang murah, pengoperasian rumpon yang mudah, memiliki daya tahan dan bahan baku pembuatan yang mudah ditemukan sehingga mudah di adopsi dan diterapkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca juga:
Mahasiswa UTU Serahkan Bantuan Kebakaran yang Menimpa Dayah Serambi Mekkah

Lanjutnya, Saat ini kami melakukan pendampingan pada bagian hulu yaitu penangkapan yang ramah lingkungan sehingga keberlanjutan potensi perikanan di Desa Kuala Bubon dapat dirasakan dalam jangka panjang oleh masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

“Kegiatan pengabdian ini juga nantinya akan berlanjut pada tahap hilirisasi produk perikanan sehingga semua rangkaian ini bertujuan agar terwujudnya peningkatan kapasitas masyarakat mulai dari penangkapan, pengolahan dan pemasaran,” sebutnya.

Muchlis selaku kepala desa kuala bubon menyambut baik kegiatan pengabdian dosen Universitas Teuku Umar yang berbasis riset pola penangkapan ikan dengan rumpon menjadi solusi yang bagus untuk masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dalam meningkatkan pendapatannya dan juga ramah lingkungan.[]

Rubrik       : Nanggroe, Pendidikan

Pos terkait