Imigran Etnis Rohingnya Di Tampung Sementara Pada Gedung Bekas Kantor Imigrasi

  • Whatsapp

Aceh Utara, INFONANGGROE.com – Setelah di evakuasi ke darat oleh petugas terkait, Etnis Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara di tempatkan di bekas kantor imigrasi yang berlokasi di perbatasan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara dengan Peunteut, Kota Lhokseumawe.
Mereka dibawa kelokasi penampungan sekira jam 17:00 Wib, mengunakan Truk milik TNI dan Satuan Brimob Polda Aceh. Kamis, 25 Juni 2020.

Akibat terlalu lama terombang ambing dilaut dan tanpa asupan makanan, tergambar jelas kondisi para imigran Lesu dan lelah.

Informasi yang kami dapatkan dari mereka yang berkompoten di lokasi, etnis Rohingya tersebut keseluruhan berjumlah 98 orang.

Masyarakat yang berada di sekitar Pantai Lancok Bayu, tersentuh rasa kemanusianya manakala melihat kondisi etnis Rohingya tersebut yang pucat dan lesu dibalut kebingungan, ditambah lagi dengan sejumlah anak anak yang berada di diantara para Imigran itu, semakin membuat miris perasaan masyarakat sekitar Lancok Bayu Aceh Utara.

Setiba di tempat penampungan masyarakat dan dermawan dari seputaran Aceh Utara mulai berdatangan membawa sembako dan kebutuhan lain yang dianggap perlu untuk membantu musafir Rohingya yang eksodus dari tanah kelahiran karena ancaman keselamatan jiwa dan aqidah keislaman mereka. Terlihat personel Brimob siap siaga di pagar utama Eks kantor Imigrasi untuk menjaga para etnis Rohingya tersebut.

Protes dari masyarakat sekitar pantai Lancok Bayu, Kabupaten Aceh Utara sebelumnya, terkait rencana Pemerintah menolak kedatangan etnis Rohingya di dataran Aceh Utara, dengan alasan pencegahan penyebaran Covid-19 luluh demi kemanusian.

Sebelumnya melalui beberapa media Online Senator di DPD RI Fachrur Razi MIP meminta untuk dapat menampung para imigran etnis Rohingya demi kemanusiaan dan solidaritas sesama muslim.(Yahdien)

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait