IPELMANAR – MEULABOH Desak Pemkab Nagan Raya Proses Perusahaan Yang Tidak Menyalurkan CSR

  • Whatsapp

NAGAN RAYA, INFONANGGROE.com – IPELMANAR – Meulaboh mendesak pemerintahan Kabupaten Nagan Raya untuk bersikap tegas kepada setiap intansi perusahaan yang ada di kabupaten Nagan Raya dalam persoalan penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR), sesuai dengan surat himbauan yang di keluarkan oleh pemkab, agar benar-benar di patuhi oleh pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Nagan Raya. Kamis, (16/06/2020).

“Pemkab Nagan Raya harus bersikap tegas kepada semua intansi perusahaan tentang kewajiban mereka dalam melaksanakan CSR sesuai yang tertera dalam undang-undang yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan atau siapapun yang menyelenggarakan koperasi usaha di Kabupaten Nagan Raya, apalagi Nagan Raya sendiri sudah punya Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan, itu harus dilaksanakan, dan turunan dari qanun tersebut wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan,” Ungkap Ikhsan.

Menurut Ikhsan,saat ini banyak perusahaan di Nagan Raya tidak mau memenuhi kewajibannya dalam menyalurkan dana CSR, jadi imbas adalah masyarakat sekitar yang kawasan ring 1, akibat dari ketidaktegasan dan lemahnya sistem peraturan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya terhadap perusahaan. Untuk itu Pemkab Nagan Raya harus tegas dalam menerapkan aturan agar perusahaan mau menyalurkan CSR kepada masyarakat sekitar.

Harapan kami kepada pemkab Nagan Raya untuk terus mengawal setiap kebijakan dalam implementasi program-program CSR, agar dana CSR tersebut bisa memciptakan perubahan yang bisa dinikmati oleh masyarakat dalam mencapai kesejahteraan dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas. Ucap Ikhsan

Ikhsan juga menekankan , Pemkab Nagan Raya harus tegas menindak intansi perusahaan “nakal” yang tidak mau mengeluarkan CSR. Jika ada perusahaan yang membandel maka Bupati harus tegas dan berani ambil sikap untuk mencabut izin operasional perusahaan tersebut.

Saya juga berharap kepada pihak perusahaan yang selama ini enggan menyalurkan dana CSR-Nya untuk sadar diri dan peduli terhadap masyarakat sekitar, karena secara aturan penyaluran dana CSR itu sudah jelas, selain Qanun CSR Nagan Raya, hal itu juga diatur dalam PP Nomor 47 Tahun 2012 dan Diperkuat dengan Pergub No 65 Tahun 2016, mengapa perusahaan tidak mau mengeluarkan CSR, patuhilah peraturan, juga perhatikanlah masyarakat sekitar. Tutup ikhsan

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait