Berawal Dari Musyawarah Perencanaan 2021, Pemuda dan Warga Rehab Rumah Tidak Layak Huni

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Pemuda dan warga Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar melakukan penggalangan dana dan gotong royong bersama dalam rangka rehab rumah tidak layak huni di gampong tersebut.

Adapun gotong royong rehab rumah tersebut dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (26-27/9), yang dananya bersumber dari donasi/ patungan warga gampong setempat.

Ide donasi/ patungan tersebut berawal saat musyawarah gampong (musgam) pada tanggal 2 September 2020 yang lalu. Musgam tersebut merupakan bagian pendampingan dari Pendamping Desa/Pendamping Lokal Desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Aceh Besar yang dilaksanakan oleh Tuha Peut Gampong dan dihadiri oleh keuchik, perangkat gampong, lintas lembaga gampong dan juga perwakilan kelompok masyarakat di Gampong Blang Krueng.

Pada Musyawarah yang membahas tentang perencanaan pembangunan gampong tahun anggaran 2021 tersebut, salah satu kepala dusun meminta perhatian pemerintah gampong untuk memperhatikan salah satu rumah warganya yang dianggap tak layak huni dengan menganggarkan Dana Desa pada tahun anggaran 2021.

Mendengar hal tersebut beberapa perwakilan Pemuda yang hadir pada musyawarah tersebut menyambut permohonan tersebut dengan berinisiatif langsung untuk gerak cepat membantu dengan membuka donasi berskala gampong, terang Haikun sapaan akrab Azhari (Ketua Pemuda) yang katanya mirip Donny Yen, Aktor Film Kungfu Master.

Setelah Musyawarah tersebut selesai, Pengurus Pemuda Gampong langsung bergerak untuk mensosialisasikan “Open Donasi” secara masif di gampong. Dan Alhamdulillan, setelah 2 pekan donasi dari masyarakat gampong Blang Krueng terkumpul dengan uang tunai 17 juta lebih, di tambah beberapa bahan material lainnya seperti, semen, pasir, tanah liat, batu bata dan lain-lain. Ucap Haikun yang baru sepekan dilantik sebagai Ketua Pemuda.

Sementara itu, Keuchik Gampong Blang Krueng Nasruddin atau akrab di sapa Pak Din cukup bahagia dan terharu apa yang di lakukan oleh Pemuda Gampong Blang Krueng, dan berharap nilai sosial ini terus di gerakkan dan dijaga guna membangkitkan nilai-nilai sosial dan budaya di gampong. Dari jaman dahulu nilai telah ada dan mari kita pertahankan tetap terus terjaga. Kedepan pelaksanaan Dana Desa sendiri tetap mengedepankan padat karya tunai sebagaimana diamanahkan oleh kementerian desa. Ujar Pak Din, yang juga mantan Anggota GAM di saat konflik dulu.

Pak Din juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat dan Pemuda Gampong Blang Krueng yang telah mendermakan harta dan tenaganya untuk membantu sesama warga. Hanya kepada Allah SWT Kita berharap keridhaan dan balasan yang setimpal. Dengan amal kebajikan ini gampong kita, negara kita dapat bebas dari virus corona, amin, tutup Pak Din.

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait