Ketua DPRA tak Umunkan Susunan Fraksi PNA, Karena Konflik Internal Partai

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) telah melaksanakan paripurna pengumuman pimpinan dan anggota fraksi DPRA 2019-2024, Senin (14/10/2019) malam. Saat menyampaikan susunan fraksi-fraksi, Ketua sementara DPRA, Dahlan Jamaluddin tidak menyebutkan susunan Fraksi Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Samsul Bahri Alias Tiyong mempertanyakan alasan tidak menyampaikan susunan fraksi PNA, padahal Anggota DPRA dari partainya hadir semua.

Dahlan menjelaskan “Tidak menyampaikan susunan fraksi PNA karena Sekwan sudah mengumumkan ada dua surat masuk dari Partai Nanggroe Aceh yang berbeda, pada kesempatan ini tidak diumumkan susunan Fraksi PNA, akan kita umumkan pada paripurna selanjutnya,” terangnya.

Tidak menerima keputusan, Tiyong mengatakan “Kita clear kan dulu. Undang- undang mengharuskan setiap anggota DPR wajib bergabung di fraksi baik itu fraksi atau fraksi gabungan ketika PNA tidak bergabung kemana-mana dan PNA tidak punya fraksi apa jadinya dengan anggota DPRA dari PNA,” tegasnya.

Tiyong menambahkan, “Sebaliknya kalau memang fraksi PNA tidak bisa membentuk fraksi karena dualisme, masuk saja Anggota PNA ke fraksi-fraksi lain, ini saya lihat ketika pimpinan memfasilitasi sedangkan fraksi bukan alat kelengkapan dewan jadi pimpinan sudah menggiring opini lain seolah olah pimpinan terlalu jauh masuk bukan menfasilitasi, andai memfasilitasi ketika tidak ada kesepakatan kedua belah pihak, kembalikan kepada anggota PNA sendiri siapa yang memilih pimpinan di fraksi mereka karena fraksi ini adalah tempat bergabungnya anggota partai itu sendiri yang ketua itu dipilih sendiri oleh anggota partai tersebut bukan dipilih oleh lembaga DPR,” sebutnya.

Instruksi pimpinan kata Fahlevi anggota DPRA -PNA “Kembali lagi saya pertegas, kalau nanti sebelum definitif apabila fraksi PNA hari ini tidak terbentuk siapa yang mewakili PNA untuk masuk ditatib , hal ini harus jelas. Apabila malam hari ini tidak jelas maka di pastikan PNA bakalan absen di tatib karena tidak ada dibuat fraksi jadi siapa yang mewakilinya. Saya pikir begitu, terimakasih saya kembalikan ke pimpinan, ucap Fahlevi

Lanjut Dahlan, “Saya tegaskan sekali lagi, forum paripurna yg terhormat pada malam ini adalah forum paripurna yg sifatnya pemberitahuan bukan pengambilan keputusan, kami sebagai pimpinan sementara, kami sudah memfasilitasi untuk pembentukan fraksi-fraksi dan secara kebetulan PNA mengirimkan dua versi karena suratnya masuk dua. Pada kesempatan kali ini sekwan yang terhormat juga sudah mengumumkan nomor surat yang masuk dari PNA, artinya apa sesuai dengan kesepakatan kita bahwa fraksi-fraksi terdiri dari enam orang maka PNA tidak memiliki fraksi hanya saja pada malam ini susunan pengurus fraksi PNA tidak diumumkan pada kesempatan yang berbahagia ini, akan diumumkan pada kesempatan paripurna berikutnya. Sekwan silahkan dilanjutkan, terimakasih, ucap Dahlan.

Rubrik       : Tak Berkategori