KKR Temukan Kasus Kekerasan Seksual Terbanyak Pidie dan Aceh Utara

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh menemukan kekerasaan seksual terbanyak terjadi di Pidie dan Aceh Utara.

“Kita menemukan kejadian kekerasaan seksual itu terbanyak di Pidie selanjutnya Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Selatan,” ungkap Komisioner KKR Aceh, Fuadi Abdullah saat konfrensi pers di ruang Media Center Gubernur Aceh, Kamis 24 Oktober 2019.

Pernyataan itu juga dikuatkan oleh Komisioner KKR lainnya, Evi Narti Zain namun komisioner KRR Aceh tidak merincikan jumlah kasus kekerasaan seksual yang terjadi di masing-masing daerah.

Fuadi mengatakan saat ini korban sudah memiliki kehidupan masing-masing sehingga tidak bisa diungkap secara gamblang ke publik.

“Kita sangat menjaga privasi korban sehingga tetap menjaga keharmonisan rumah tangga mereka jadi kita tidak bisa merinci lebih detail,” terangnya.

Namun secara keseluruhan Fuadi mengatakan hingga saat ini pihaknya sudah menemukan 130 kasus kekerasan seksual yang terjadi di Aceh sepanjang konflik berkecamuk.

Dalam konfrensi pers itu Ketua KKR Aceh Afridal Darmi mengatakan pihaknya akan menyerahkan rekomendasi 170 nama korban pelanggaran HAM masa lalu kepada Pemerintah Aceh yang dinilai sangat layak menerima reparasi mendesak.

“Pada tahap pertama KKR Aceh telah merekomendasikan sebanyak 77 nama korban untuk mendapat pemulihan atas hak korban jadi jumlah 247 korban,” ujar Afridal Darmi.

Dalam pola kerja KKR ada dua jenis reparasi yakni reparasi mendesak dan repasi menyeluruh. “Reparasi menyeluruh akan kita lakukan pada saat berakhirnya tugas KKR Aceh pada Oktober 2021 mendatang sedangkan reparasi mendesak seharusnya dilakukan segera,” ujarnya.

KKR Aceh merekomendasi sejumlah korban pelanggaran HAM untuk mendapat reparasi mendesak. “Masih banyak korban konflik yang hidup dibawah kata layak atau kemiskinan yang tidak bisa ditoleransi dan harus segera mendapat perhatian serius,” ujar Afridal.

Pada 24 Oktober 2019 juga merupakan tahun ketiga KKR Aceh bekerja. Sejak tahun 2017 KKR Aceh telah mengambil keterangan sebanyak 3040 korban dari target 10.000 koban.

Hadir dalam kesempatan itu, Juru Bicara Pemerintah Aceh Saiful Abdulgani, Ketua KKR Afridal Darmi, komisioner KKR: Evi Narti Zain, Mastur Yahya, Fuadi Abdullah dan Muhammad Daud B. | anteroacehcom

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori