Persiapan Akreditasi 2021, RIAB Gelar Sosialisasi Bagi Stakeholder Madrasah

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Ruhul Islam Anak Bangsa kembali menggelar Sosialisasi Persiapan Akreditasi 2021 bertempat di kampus MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Gue Gajah, Aceh Besar. Sabtu, 21 November 2020.

Sosialiasi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja para stakeholder Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa sehingga dapat mewujudkan madrasah hebat, demi tercapainya tujuan pendidikan.

Sosialisasi Akreditasi ini dihadiri langsung oleh Pengawas Madrasah Kabupaten Aceh Besar sekaligus Pengawas Pembina MAS RIAB Ratna Zaidah, S.Ag., M.Ed. yang juga bertindak selaku Pemateri dalam kegiatan tersebut.

Ratna Zaidah dalam paparan materi mengatakan bahwa untuk tahun 2020 instrumen akreditasi mengalami perubahan paradigma penilaian dari penilaian administrasi (compliance) menuju penilaian kinerja (performance), di mana instrumen yang akan digunakan adalah Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan atau disingkat IASP 2020.

“Ada 4 komponen yang akan digunakan yaitu komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen madrasah.” Paparnya.

Kepala Madrasah RIAB Kusnadi, MA., dalam sambutannya menyebutkan bahwa sosialisasi akreditasi ini menjadi bagian penting dalam rangkaian panjang proses akreditasi RIAB 2021 ke depan.

Menurutnya Akreditasi merupakan bukti legalitas sebuah madrasah yang diakui secara nasional. Untuk itu ia berharap dukungan dari semua pihak demi kelancaran Akreditasi RIAB 2021 nanti.

“Untuk mencapai nilai akreditasi A tidak bisa jika hanya dilakukan seorang diri oleh kepala madrasah tapi harus dilakukan bersama-sama seluruh civitas akademika Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa.” ujarnya.

Sementara itu Wakil kepala bidang Kurikulum MAS RIAB Nofianty, S.P menyambut baik terlaksananya Sosialisasi ini sebagai langkah awal menghadapi akreditasi madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa tahun 2021 agar semakin matang dan penuh persiapan.

“Walaupun penilaian akreditasi masih setahun lagi namun seluruh civitas akademika RIAB sudah harus mulai meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi. Setiap bagian menyiapkan tupoksi masing-masing, untuk Guru harus melengkapi dokumen pembelajaran dan lebih meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada siswa.” Sebutnya.

Dalam kegiatan tersebut Ratna Zaidah, S.Ag., M.Ed. juga melaunching buku-buku hasil karya guru MAS RIAB, Nurmasyitah, S.Si, Antologi Opini Pendidikan; Generasi yang hilang Ditelan Pandemi, dan juga beberapa Karya Anizar, S.Si, M.Pd, Jilbab pertamaku, buku dan guru , warna-warni kimia, renda cinta sang guru dan beberapa judul lainnya yang masih dalam proses cetak.

Seperti diketahui Anizar, S.Si, M.Pd merupakan GTK berprestasi tingkat Nasional 2019 kategori pustakawan yang saat ini juga sebagai guru bidang studi Kimia di Ruhul Islam Anak Bangsa. Sedangkan Nurmasyithah, S.Si merupakan GTK berprestasi tingkat provinsi serta nominator pada ajang inovasi pembelajaran.

Rubrik       : Pendidikan

Pos terkait