Tingkatkan Mutu Pendidikan; MAS Baitul Arqam adakan Bimlat Penyusunan RPP Abad 21

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Madrasah Aliyah Baitul Arqam melaksanakan bimbingan dan pelatihan (Bimlat) tentang Penyusunan RPP Abad 21 dan pembelajaran Berbasis IT, yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Sabtu, 19 September 2020.

Kegiatan bimbingan dan pelatihan guru dan kepala madrasah tahun 2020 ini dilaksanakan di aula MAS Baitul Arqam yang dihadiri oleh kepala Madrasah Aliyah Ustaz Luthfi Mansyurni LC, guru guru Madrasah Aliyah dan tenaga pendidik Madrasah Aliyah Baitul Arqam, dengan menghadirkan pemateri tunggal, Ratna Zaidah S.Ag, M.Ed. Beliau juga merupakan pengawas pembina di madrasah tersebut. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala dayah pesantren Baitul Arqam, Ustaz Luthfi Mansyurni, Lc.

“Untuk menjadikan Madrasah yang hebat dan bermartabat kita harus terus melakukan inovasi dan terus belajar dalam upaya meningkatkan mutu baik tenaga pendidik dan kependidikan maupun santrinya”. Ujar Kepala Madrasah Aliyah Baitul Arqam yang juga lulusan Al –Azhar, Cairo, Fakultas Islamic Law.

“Selain itu kita juga harus mempersiapkan diri sejak dini, agar tidak kerepotan dikemudian hari apalagi menjelang akreditasi madrasah”. Lanjut Lutfhi.

Selaku kepala Madrasah, Ustaz Lutfhi Mansyurni LC, juga memberikan ucapan terimakasih sekaligus apresiasi kepada Ibu pengawas yang tidak bosan bosannya memberikan arahan dari sejak berdirinya Madrasah Aliyah Baitul Arqam hingga saat ini, serta harapan kepada ibu pengawas agar selalu menjadi penasehat, motivator serta fasilitator Madrasah Aliyah Baitul Arqam supaya kebaikan dan prestasi yang ada pada beliau dapat tertular kepada para guru, tenaga kependidikan, maupun santri baik itu pada tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, hingga Internasional.

Ratna Zaidah dalam paparan materinya mengatakan pembelajaran abad 21 merupakan sarana untuk mempersiapkan generasi abad 21, dimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang dengan begitu pesat memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Oleh karena itu guru harus terus melakukan inovasi pembelajaran melalui penggunaan berbagai model dan strategi pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dan penilaian hasil belajar yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta penguatan pendidikan karakter.

“Dengan diterapkannya pembelajaran abad 21, diharapkan menghasilkan lulusan dari generasi produktif yang memiliki kualitas dan skill hebat, guna menghadapi tantangan revolusi industri 4.0”. Kata Ratna.

Bimbingan dan pelatihan ini akan dilaksanakan secara kontinyu hingga beberapa pertemuan, selama berlangsungnya acara tetap memperhatikan protokol kesehatan, karena kesehatan adalah nikmat yang paling berharga untuk saat ini.
Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja para stakeholder di madrasah sehingga dapat terwujudnya madrasah hebat, dan untuk memastikan tercapainya tujuan pendidikan anak bangsa.

Pos terkait