SIGAP: Kisruh AKD DPRA jngan sampai mendapat Teguran Mendagri

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – Terkait dengan telah ditetapkannya kembali jadwal  rapat   paripurna Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada Jum’at 17 Januari 2020 nanti, Wakil Ketua Divisi Politik dan Kebijakan Publik Dewan Pengurus Pusat Solidaritas Generasi Aceh Perubahan (DPP SiGAP Aceh) Banta Diman, mengharapkan hendaknya musyawarah tersebut dapat membuahkan hasil seperti yang diharapkan oleh kedua kubu di DPRA, Koalisi Aceh Bersatu(KAB) dan non KAB. Sebab, menurut Banta Diman, jika musyawarah tersebut gagal kembali, secara otomatis tidak saja berdampak buruk terhadap citra institusi DPRA dimata publik, Partai Politik, dan bahkan kepada para Pimpinan DPRA, terutama ketua DPRAnya dimata publik.

” InsyaAllah, Sidang nanti bisa selesai menemukan solusi bijak, dan jangan sampai terbangun narasi mosi tidak percaya dari kelompok yang belum puas dilembaga terhormat tersebut.” Ungkap Banta Diman. di depan awak media infonaggroe.com. Sabtu, 11 Januari 2020.

Sambung Banta Diman, jika konplik AKD tidak kunjung menemukan solusi bijak berlarut-larut, kemudian berdampak serius kepada serangkaian tugas pokok Dewan terutama fungsi Pengawasan di APBA 2020, pihaknya khawatir bukan tidak mungkin perkara beresiko ini akan mendapat teguran dari Mendagri.

” Sesuai prinsip kewenangan perundang-rundangan, jika dianggap emergensi, maka, Mendagri bisa melakukan teguran, terutama mungkin kepada Ketua DPRA, terang Banta.

Harapan Banta, kedua blok koalisi KAB dan non KAB saat ini di DPRA, hendaknya membangun komunikasi yang efektif untuk menuntaskan visi pemerintah Aceh demi kesejahteraan masyarakat. Jangan ada manuver-manuver yang melemahkan satu sama lain, seperti yang kerap terjadi antara eksekutif dan Legislatif pada periode pemerintahan Aceh sebelumnya

“Harus kompak membangun Aceh bermartabat, seperti halnya mengesahkan APBA kemarin. Jangan ada kesan egois, dan musyawarah AKD nanti mesti menerapkan prinsip musyawarah mufakat untuk kebaikan bersama.” tegas Banta Diman.

Rubrik       : Tak Berkategori