Sekjen PWO Aceh; Jalankan Tugas Jurnalis, Profesional, Berintegritas, Dan Memengang Teguh Kode Etik Pers

  • Whatsapp

Aceh Timur, INFONANGGROE.com – Kebebasan pers yang didapat merupakan salah satu anugrah yang harus kita rawat dan jaga dengan baik.

“Secara umum dapat dikatakan bahwa Jurnalistik adalah seperangkat atau suatu alat media massa, jurnalistik mempunyai fungsi sebagai pengelolaan laporan harian yang menarik minat khalayak, mulai dari peliputan sampai penyebarannya kepada masyarakat mengenai apa saja yang terjadi. Ujar Sekjen Persatuan Wartawan Online Aceh (PWO ACEH), Andi Juanda dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 14 Desember 2019.

Apapun yang terjadi baik peristiwa factual (fakta) atau pendapat seseorang (opini), untuk menjadi sebuah berita kepada Masyarakat. Dengan demikian berita yang disampaikan kepada masyarakat haruslah berdasarkan fakta yang sudah di cors cek kebenarannya dan bukan bersifat fitnah atau mengada ngada.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Profesionalnya seorang jurnalis dalam menyajikan berita yang aktual, akurat, dan tidak mengandung unsur opini, tentu akan mendewasakan masyarakat pembaca dalam menerima informasi yang mereka baca, masyarakat juga terhindar dari berita-berita hoax”. Ujar Andi

“Sekjen (PWO ACEH) juga berharap media online Aceh Timur dapat bergabung di wadah kita ini, untuk kedepan nya para jurnalis saling belajar dan bertukar ilmu satu dengan yang lain untuk menambah kualitas, kejelian dan akurat dalam menginformasikan atau penyajian berita.

Rubrik       : Tak Berkategori