Ratusan Santri Ikuti Upacara Hari Santri Nasional Di Aceh Timur

  • Whatsapp

Idi, INFONANGGROE.com – Lantunan Ayat Suci Al Quranulkarim mengawali pembukaan Upacara Hari Santri Nasional V 2019 Dengan Tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia” dilapangan upacara Pemkab Aceh Timur, Jam 09:22 Wib, Selasa 22 Oktober 2019.

Acara dilanjutkan dengan Shalawat Badar dan pengibaran sang saka Merah Putih di iringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-5 Tahun 2019 diperingati Pemerintah Kabupaten Aceh Timur di Lapangan Upacara Pusat Pemerintahan.

Pembina upacara Bupati Aceh Timur H. Hasballah H.M Thaib, S.H dihadiri; Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H, Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos. M.Tr (Han), Asisten III Setdakab Aceh Timur M. Amin, SH. M.H, Ketua Mahkamah Syariah Aceh Timur Antoni Said, S.Ag, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Timur diwakili Kasi Barang Bukti Edi Suhadi, SH, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur Arijal, M.Si, Pimpinan Dayah Muda Aramia Tgk. Mukhtar Ibrahim (Abati Aramia), Pimpinan Dayah AMAL Tgk. H. Armis Musa, S.Pd, Ketua KNPI Kabupaten Aceh Timur Yusnil Amri ,S.Pd, Ketua Ikatan Santri Aceh Timur (ISAT) Tgk. Fakhruraji, Ketua (Pengurus) OPD Kabupaten Aceh Timur dan sejumlah tamu undangan lainya dengan peserta upacara santri dari dayah (pesantren) dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Sambutan Kepala Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Aceh Timur mengatakan, “Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor: 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri,” sebutnya.

Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda.

“Santri sangat berperan penting ditengah kehidupan masyarakat. Untuk itu santri diharap menjadi panutan umat untuk dunia dan akhirat,” pungkas sosok Bupati yang dikenal dengan dekat dengan sejumlah ulama dan pimpinan ponpes di Aceh itu.

Mengakhiri sambutanya Bupati Aceh Timur mengucapkan selamat atas dilantiknya Ir. H. Joko Widodo dan K.H Ma’ruf Amin sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024. Harapanya semoga amanah dunia akhirat dalam memimpin Bangsa Indonesia 5 (lima) tahun ke depan.

Dalam kesempatan yang sama ia juga mengapresiasi kinerja TNI/Polri dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019 sehingga berlangsung aman, damai dan sejuk di Kabupaten Aceh Timur.

Tidak hanya upacara, peringatan hari santri di Aceh Timur juga dirangkai dengan acara perlombaan agama dan kegiatan sosial  donor darah.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori