Rapat program inovasi Desa Di Gelar Di Aceh Timur, Ini Pembahasannya

  • Whatsapp

Aceh Timur, INFONANGGROE.com – Koordinasi Program Inovasi Desa oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) tahun 2019 yang dilaksanakan Aula Gedung Serbaguna Pendopo Bupati Peserta dari seluruh Camat di kabupaten Aceh timur, perwakilan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Pendamping Desa, Kamis, 26 Desember 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong selaku ketua TIK Dr Maimun,yang di wakili oleh Khairul Rijal membuka Acara Koordinasi Progam Inovasi Desa.

Dalam arahan nya kepada peserta, agar menjaga dan memperhatikan keadaan Gampongnya dengan adanya inovasi desa, mari sama-sama kita memajukan Gampong kita masing-masing agar lebih maju, Rakor ini lebih kepada pertanggungjawaban Dana Inovasi Desa yg dikelola oleh Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) di 24 Kecamatan, ujar Khairul Rijal.

Acara berlangsung 2 hari mulai Kamis – Jumat tanggal 26-27 Desember 2019. Agenda hari pertama adalah strategi kegiatan peningkatan kapasitas bagi pelaku program inovasi desa dalam meningkatkan kualitas output program inovasi desa, pokok-pokok evaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana DOK, evaluasi pelaporan program dan pengendalian program.

Yusmiadi, SE selaku Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA.PSD) P3MD – PID Aceh Timur mengatakan, Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Aceh Timur kali ini lebih fokus kepada pertanggungjawaban penggunaan dana yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di 24 Kecamatan Se-Kabupaten Aceh Timur, baik dana yg digunakan untuk Bursa Inovasi Desa (BID) maupun dana untuk Pengembangan Sumber Dana Manusia (PSDM) yang sudah selesai dilaksanakan oleh semua TPID di masing masing kecamatan. Bila ada TPID yang tidak bisa mempertanggungjawabkan Dana ini, tentu konsekwensi hukum akan menunggu mereka, kami selalu mengingatkan melalui Pendamping Desa (PD) dan juga melalui Pendamping Lokal Desa (PLD) jangan coba coba bermain dengan dana ini.

Diskusi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok Claster Barat membahas komitmen inovasi desa, Claster Tengah membahas pengelolaan dana DOK, dan Clastes Timur membahas pelaksanaan praktek inovasi desa.
Diskusi dipandu oleh TA P3MD. Terakhir adalah adanya rekomendasi atas pelaksanaan program agar dapat berlangsung efektif dan efisien di Desa.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori