Polda Aceh Gelar Operasi Patuh Seulawah Selama Dua Pekan, Ini Sasarannya

  • Whatsapp

BANDA ACEH, INFONANGGROE.com – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh bersama jajarannya menggelar operasi patuh Seulawah tahun 2020 selama dua pekan ke depan, mulai 23 juli hingga 5 agustus 2020 mendatang.

Wakapolda Aceh Brigjen Pol. Drs. Raden Purwadi, S. H, Kamis (23/07/20) mengatakan, sasaran operasi patuh seulawah adalah beberapa pelanggaran yang berpotensi terhadap kecelakaan seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar SNI, pengemudi kendaraan roda empat yang tidak menggunakan safety belt.

Baca juga:
Polisi Tetapkan 1 Tersangka Korupsi Proyek Jalan Lodan-Kalipang Rembang

“Selain itu juga kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alKkohol, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, menggunakan HP saat mengemudikan kendaraan bermotor dan pengendara yang melawan arus lalu lintas,” ungkap Wakapolda.

Wakapolda menyebutkan, berdasarkan analisa dan evaluasi pelaksanaan operasi patuh seulawah tahun 2018 tercatat 46 kejadian, kemudian pada tahun 2019 meningkat menjadi 72 kejadian.

“Presentasenya 57 persen korban meninggal dunia, dan terjadi penurunan 39 persen dari 18 orang menjadi 11 orang,” tambahnya.

Baca juga:
Muslim Rohingya Mendapat Bantuan Dari Aliansi Mahasiswa Simeulue Bersatu

Sementara  untuk pelanggaran yang terjadi, pada tahun 2018 polda Aceh mencatat 9.571 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 7.947 kasus dan 1.624 teguran.

“Angka ini terjadi peningkatan sebanyak 37 persen pada tahun 2019 yaitu 13.153 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 10.869 kasus dan 2.284 teguran,” tutupnya.

Selain itu lanjutnya, operasi patuh seulawah 2020 juga sebagai bentuk sosialisasi untuk mengantisipasi penyebaran cobid-19.

“Oleh karena itu selain melaksanakan sasaran dan pelanggaran prioritas operasi juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” tutupnya.

Rubrik       : News
Sumber    : anteroacehcom

Pos terkait