PMI Aceh Besar Lakukan Orientasi KSR di Kampus STIES Jantho

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Dalam Rangka memperbanyak kader relawan profesional dalam menjalankan peran gerakan kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Besar melakukan orientasi calon anggota baru Korp Sukarela (KSR) di kampus STIES Jantho. Kamis 20 Agustus 2020.

Kegiatan orientasi ini dibuka oleh koordinator kampus STIES Banda Aceh kelas Jantho Marhalim S.Kom.M.Kom. Dalam sambutannya ia mengatakan sangat senang dengan hadirnya Pengurus PMI ke kampus kami. Kegiatan Orientasi KSR bagi mahasiswa sangat berguna terhadap kemajuan kampus terutama dalam mengaplikatifkan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Menurutnya dengan terbentuknya KSR PMI kampus STIES kita berharap dapat memajukan serta memberikan kontribusi banyak terhadap kampus. Bagi mahasiswa yang telah mengikuti orientasi agar dapat melaksanakan pendidikan lanjutan lebih mendalam tentang PMI, sehingga peran KSR yang merupakan bagian dari PMI dapat terealiasasi serta bermanfaat baik dikampus sendiri dan bagi mahasiswa dalam berorganisasi. Ucap Marhalim.

Lanjur Marhalim kita pihak kampus sepenuhnya akan mensupport kegiatan lanjutan berupa didikan dan latihan dasar (Diklatsar) dan pembentukan KSR supaya sah menjadi relawan PMI yang berada di kampus.

“Kita berharap peserta orientasi yang berjumlah 17 orang semuanya dapat mengikuti Diklatsar tampa ada yang mengundurkan diri ditengah latihan. Hal ini agar mahasiswa memiliki sifat kerelawanan sejati yang akan menjadi pilar-pilar kemanusiaan di tengah masyarakat”. Harap Marhalim.

Pengurus PMI Aceh Besar yang diundang sebagai pemateri orientasi diwakili oleh Ir.H.Zahrul Fuadi, M.Si. Materi orientasi ini lebih menekankan pada pengenalan sejarah kepalang merahan, Lambang, dan 7 Prinsip Gerakan Kepalangmerahan. Ini merupakan materi pokok dalam masa orientasi.

Zahrul Fuadi juga menyampaikan dengan kegiatan orientasi ini peserta sudah di nyatakan sah bergabung dalam organisasi PMI, namun untuk lebih profesional dalam melaksanakan visi dan misi PMI maka perlu dilakukan diklatsar 120 Jam. Orientasi juga sabagai dasar pembentukan KSR di kampus STIES. Ucapnya.

Banyak hal yang dapat dilakukan ketika bergabung dengan PMI, selain mendapatkan pendidikan, PMI juga memberikan kesempatan bagi relawan untuk mengikuti pendidikan keahlian atau spesialis di setiap bidang yang ada di PMI, seperti spesialis pertolongan pertama, Penanggulangan Bencana (PB), Ambulance, dan spesialis lainnya.

Zahrul juga berharap penuh kepada peserta setelah orientasi langsung dapat mengikuti diklatsar. Selain itu juga sering datang ke Markas PMI untuk membangun komunikasi dan silaturrahmi sesama relawan, serta terlibat dalam setiap kegiatan PMI. Kehadiran PMI sangat dibutuhkan ditengah masyarakat terutama disaat pandemi covid -19, kita hadir di masyarakat dalam memberikan sosialiasi promosi kesehatan serta melakukan desinfektan dalam pencegahan covid-19. Maka dengan itu semua peserta yang telah mengikuti orientasi dapat bergabung bersama turun ke tengah masyarakat. Harap Zahlul didepan peserta orientasi.

Kegiatan orientasi dihadiri ketua bidang kemahasiswaan, Dosen dan staf STIES Banda Aceh kelas Jantho. Dari PMI Aceh Besar juga hadir anggota pengurus Makmur Sentosa, S.Pd dan Zahratun Nizami.

Rubrik       : News
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait