Pesan Wapres untuk Para Sarjana: Kuasai Ahlak dan Kompetensi Agar Tak Kalah Bersaing

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri wisuda sarjana strata satu (S1) angkatan XXIII Sekolah tinggi Agama Islam (STAIN) Shalahuddin AL-AYYUBI Jakarta, Minggu (26/1). Wapres Ma’ruf Amin menitipkan pesan agar para sarjana memiliki tiga hal pokok. Yaitu ahlak, kompetensi, dan komitmen untuk kebangsaan.

“Para pendiri Republik ini meyakini posisi akhlak dalam masyarakat dan negara sangat penting,” kata Ma’ruf di Gedung Serba Guna 1 Asrama Haji, Pondo Gede, Jakarta Timur, Minggu (26/1).

Keberadaan akhlak penting dalam penggelolaan negara yang baik. Ahlak membuat bangsa menjadi maju dan beradab. Ahlak pula menjadi modal global yang tidak dapat dipisahkan.

Ma’ruf menilai, ahlak diperlukan untuk menjadikan era 4.0 berdampak positif bagi bangsa dan negara. Sehingga orang tidak terjebak keserakahan, materialisme dan hedonisme. Semua itu bisa berujung korupsi dan manipulasi.

Pertumbuhan industri saat ini membutuhkan para sarjana yang andal. Dia menyayangkan karena lembaga pendidikan tidak bisa menangkap kebutuhan pasar tenaga kerja. Karena itu Ma’ruf menginginkan para sarjana dan pendidik memiliki kompetensi. Ini penting agar mereka tak kalah bersaing.

“Penguasaan kompetensi spesifik bagi peserta didik harus jadi bagian penting yang harus dikedepankan oleh pendidik dan lembaga pendidikan,” ungkap Ma’ruf. | merdekacom

Rubrik       : Tak Berkategori