Mahasiswa Abdya Raih The Best Speaker Debat Ilmiah Nasional

  • Whatsapp

YOGYAKARTA – Mahasiswa asal Kabupaten Aceh Barat Daya, Husnul Jamilah berhasil terpilih sebagai the best speaker dalam debat ilmiah nasional yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

Debat ilmiah itu dilaksanakan dalam rangakaian Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kopertais wilayah III Yogyakarta 2018.

PKM Kopertais 2018 tersebut diselenggarakan pertama kali di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ditunjuk sebagai tuan rumah dalam acara yang berlangsung sejak Rabu 21 hingga 23 November 2018 dilantai I, Masjid KH Ahmad Dahlan, Kampus terpadu UMY.

“Selama ini perguruan tinggi Islam tidak memiliki acara PKM, karena Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa tingkat nasional diadakan oleh Kemenristekdikti. Dan tujuan acara ini dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta kemandirian,” tulis Husnul Jamilah Sabtu (24/11/2018).

Saat ini Husnul Jamilah sedang menempuh studi di

Mahasiswa Universitas Prof. Hamka (UHAMKA), Jakarta Selatan itu menyebutkan, kegiatan debat ilmiah tersebut ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam untuk mengasah kemampuan, keahlian, kerjasama, soft skill dan hard skill.

Selain itu PKM juga dimaksudkan untuk meningkatkan mutu lulusan PTKIS agar dapat berdaya saing tinggi dan menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dengan berlandaskan nilai-nilai Agama dan Pancasila.

Sementara PTKIS itu sendiri, kata Husnul, berada di bawah naungan Kementerian Agama. Dalam pelaksanannya, PTKIS PKM 2018 mengadakan 13 kegiataan perlombaan, antara lain, debat Ilmiah Bahasa Indonesia. Sementara pesertanya, diikuti oleh 36 PTKIS seluruh Indonesia.

“Dalam debat itu, kita yang mewakili Kampus UHAMKA terdiri dari tiga orang, yaitu, saya sendiri, Muhammad Zainul dan Zawil yang bertarung gagasan dari babak penyisihan sampai ke final di group A,” ujarnya.

Dalam debat itu, kampus UHAMKA keluar sebagai juara III, sementara Universitas STAI Syuhada Yogyakarta sebagai juara II dan Universitas Ahmad Dahlan keluar sebagai juara I.

“Kami mengucapkan terima kasih atas objektifitas dewan juri dalam penilaian, serta segenap jajaran panitia atas kerja keras sehingga terlaksananya kegiatan nasional ini. Selain itu, kami juga mengucapkan selamat atas kejuaraan tim UHAMKA, karena tanpa adanya kerja tim yang baik, maka tidak akan tercapainya sebuah misi,” pungkas Husnul. [Sumber]

Rubrik       : Tak Berkategori