Launching Rumoh Kreatif Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, UTU Gelar Workshop Diskusi Karya Tulis-PKM

  • Whatsapp

Meulaboh, INFONANGGROE.com – Rumoh Kreatifitas Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan resmi Launching yang langsung diresmikan oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Bapak Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf, SE.,MBA. Kamis 30 Oktober 2019.

Kegitan ini melibatkan ratusan mahasiswa-mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar diisi oleh pemateri- pemateri yang dapat membantu para mahasiswa FPIK untuk dapat bersaing secara dalam karya tulis ilmiah seperti halnya Program kreatifitas Mahasiswa(PKM).

Tema yang dipilih untuk kegiatan ini adalah “Mewujudkan Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Aktif, Kreatif,Inovatif, dan Berdaya Saing Tinggi Menghadapi Era Indrustrialisasi” Sesuai dengan tujuan dan tema di atas maka nama kegiatan yang telah disepakati adalah “Lounching Rumoh Kreatif FPIK UTU 2019 dan workhsop diskusi karya tulis”.

Seperti halnya disampaikan oleh ketua rumoh kreatif yaitu Setiadi M Noor, dalam sambutannya menegaskan bahwa ”Rumoh Kreatif Fpik UTU sebagai wadah bagi mahasiswa fpik untuk menyalurkan dan mengembangkan ide-ide mereka yang kreatif dan inovatif.

Rumoh Kreatif Fpik UTU adalah tempat bagi Mahasiswa untuk beproses dan akan dibimbing bagaimana sistem dalam pembuatan karya tulis ilmiah khusus nya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan komptensi lainya, Kita boleh kalah dari segi kuantitas tapi ingat kita harus menang dalam segi kualitas, Jumlah kita sedikit akan tetapi Ide Kreatifitas kita banyak”. tegasnya.

Kegiatan ini merupakan wadah pengembangan pengetahuan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik khususnya selaku Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh Mahasiswa itu sendiri.

Sehingga nantinya kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi Mahasiswa untuk menjalankan perannya kembali sebagai elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan karena memang disadari atau tidak peran Mahasiswa adalah agent of change dalam strata masyarakat yang ada.

Alhamdulillah Rektor UTU (Prof. Dr. Jasman J. Ma’aruf, SE., MBA) telah meresmikan RUMOH KREATIF FPIK UTU sebagai wadah untuk berkreasi dan berinovasi bagi mahasiswa FPIK UTU. Dalam sambutannya berpesan “Kita (UTU) sangat berharap menghasilkan lulusan-lulusan yang siap berkembang dan itu hanya dimiliki oleh mahasiswa yang kreatif “.

RUMOH KREATIF FPIK sebagai tempat untuk berproses menjadi mahasiswa yang kreatif” Tegas Rektor dalam kegiatan launching RUMOH KREATIF.Diakhir sambutan, Prof. Jasman menyampaikan ucapan selamat kepada FPIK yang telah memiliki RUMOH KREATIF.

Hadir sebagai keynote speaker pada acara tersebut yang pertama, Bapak Muhammad Ghazali, S.Pi., M.Si memberikan pesan kepada seluruh peserta yakni mahasiswa FPIK-UTU untuk dapat bergabung dan bisa membuat ide kreatif melalui karya tulis ini.

Sementara itu pada pemateri kedua, Bapak Yusran Ibrahim,S.Pi.,M.Si yang merupakan membahas seputar bagaimana Mahasiswa/I FPIK-UTU harus lebih produktif dan menjadi inspiring dalam berbagai hal khususnya di bidang Karya tulis Program kreatifitas Mahasiswa dan FPIK_UTU menadi terdepan dalam hal itu.

Ia menambahkan, kedepan mahasiswa tidak lagi hanya menjadi penonton dalam permasalahan yang ada, namun menjadi yang terdepan dalam menyikapi setiap kebutuhan bangsa.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

“PKM ini dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin”, tutupnya.

Rubrik       : Tak Berkategori