Lansia Terlantar, Begitu dapat kabar, Kadinsos bersama Kabidnya Langsung Terjun ke Lapangan

  • Whatsapp

Aceh Timur, INFONANGGROE.com – Hermansyah Musa (65) penduduk Dusun Bahagia Desa Tanjong Minjey Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur merupakan salah seorang lansia terlantar, tak ada sanak saudara atau kerabat yang mempedulikannya. Selama ini beliau tinggal dipinggir jalan Medan Banda Aceh di Desa Tanjong Minjey didepan SPBU, rumah yang ia tempati dibuat dari tenda dengan ditutupi terpal dan kain-kain serta karung-karung bekas seadanya disekeliling untuk dijadikan dinding rumah sebagai tempat tinggal.

Dalam hidup kesehariannya untuk makan minum dalam memenuhi kebutuhan hidup dan sebagainya beliau hanya berharap uluran tangan dari warga sekitar untuk menyumbangkan makanan kepadanya. Rumah yang ia tempati tak ada dapur atau kamar tidur bahkan kamar mandi.

Begitu mendapat kabar akan hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Ir. Elfiandi, S.P1 didampingi oleh Kabidnya Iskandar langsung terjun kelapangan untuk meninjau ke lokasi.

Semalam kita mendapat kabar Rabu, 20/11/2019 dari tim kita dilapangan TKSK Kecamatan Madat Muzakir Sulaiman kemudian paginya Kamis, 21/11/2019 kita langsung terjun ke lokasi untuk memastikan dan ternyata benar kita dapati bahwa beliau tinggal dirumah yang terbuat dari tenda, tak ada kerabat atau sanak saudara yang memperdulikannya, menurut cerita warga sekitar untuk makan biasanya beliau disumbangkan oleh warga seadanya. Ini kondisi yang sangat memprihatinkan, dalam hal ini untuk tindak lanjut, Hermansyah Musa sudah kita fasilitasi untuk dirawat di RSUD dr. Zubir Mahmud sampai beliau dipastikan benar-benar sudah sehat dan nantinya akan kita rujuk untuk di tempatkan di panti jompo di Banda Aceh. Sebut Elfiandi.

Dan saya berharap kepada Pihak Kecamatan dan Aparatur Desa agar supaya memperhatikan terhadap permasalahan rehabilitasi sosial seperti ini, dan kita berharap kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang mengalami hal seperti ini, sebagai pelayan masyarakat kita harus cepat tanggap untuk segera diselesaikan, karena walau bagaimanapun semua warga negara Indonesia berhak mendapat pelayanan rehabilitasi sosial dalam mayarakat, baik itu permasalahan rehabilitasi sosial anak dan lansia, disabilitas dan tuna susila. Tutup Elfiandi.

Dalam kunjungan tersebut turut didampingi oleh Ketua CSR Aceh Timur Tami Muhammad Reza, Pihak Kecamatan, Pihak Polsek, TKSK, PKH dan Aparatur Desa setempat.

Ketua Forum CSR Aceh Timur, Tami Muhammad Reza, SE, menyampaikan bahwa setelah kita lihat kenyataannya ada kondisi sosial yang kurang terpantau, ini merupakan contoh bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Aceh Timur.

Saya selaku Ketua Forum CSR Aceh Timur, sangat mengharapkan dari pihak-pihak Coorporate di Aceh Timur, untuk turut peduli kepada masyarakat, apa lagi di Ring1, Perusahaan peduli terhadap kondisi sosial kesehatan masyarakat, dan kita akan mengkoordinir seluruh Coorporate di Aceh Timur, untuk peduli masalah sosial lansia dan disabilitas ini. Tutupnya.

Keuchik Gampong Tanjong Minjei, didampingi Perangkatnya, memberi penjelasan bahwa selama ini Hermansyah Musa, dibantu oleh masyarakat, baik itu berupa makan minum, ada masyarakat yang mengantar untuknya, Kepala Dusun Bahagia Ridwan bersama rekannya juga setiap malam langsung mengechek kondisinya, dan ini warga saya dalam keadaan sakit stroke ringan, karena tidak ada keluarga yang bertanggung jawab, maka dari pihak Pemerintah Gampong berharap kepada dinas maupun Pemerintah untuk menampung memfasilitasi pengobatan maupun perawatan, seperti panti jompo, atau kemana Dinas terkait memfasilitasi untuk ditempat ke tempat yang lebih baik agar makan minum serta lain-lain untuk kebutuhan hidup baginya bisa terpenuhi dengan baik. Tutupnya.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori