Kakankemenag Aceh Besar Hadiri Pengukuhan Guru Profesional

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Abrar Zym S Ag turut menghadiri acara pengukuhan guru profesional PPG Daljab 2019 yang berlangsung di Aula FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dibuka Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Warul Walidin AK, MA didampingi Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Dr. Muslim Razali, M. Ag,. Selasa 31 Desember 2019.

Dalam sambutannya Warul Walidin menyampaikan bahwa guru adalah sebuah jabatan profesi yang sangat mulia ”Guru adalah jabatan profesi yang memiliki kriteria yaitu melalui pendidikan khusus dalam lembaga pendidikan keguruan, merupakan pangilan hidup, dan menjadi guru perlu penjiwaan. Muliakan dokter apabila ingin mengambil obat darinya, muliakan guru apabila ingin mengambil ilmu darinya”,ujarnya.

Selanjutnya Dekan FTK, Muslim Razali menyampaikan tentang perkembangan pelaksanaan profesi guru.”Pelaksanaan sertifikasi guru merupakan implementasi dari UU no. 14 tahun 2005. Pada awalnya dengan sistem portofolio, sistem PLPG dan terakhir sistem PPG mulai berlaku dengan pola daring, lokakarya dan PPL”,imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Masbur, M. Ag menyampaikan laporan kelulusan ujian mahasiswa PPG Daljab 2019.”Jumlah peserta PPG madrasah sebanyak 172 orang dan yang lulus sebanyak 82 orang, PAI sebanyak 59 orang dan yang lulus sebanyak 39 orang, dan retaker sebanyak 138 orang dan yang lulus 52 orang”, jelasnya.

Selanjutnya Kasie GTK Madrasah Kemenag, Fahmi menjelaskan rincian kelulusan secara nasional.”secara nasional standar kelulusan UKMPPG tahun 2019 berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan kemendikbud. Sebanyak 6722 (58%) peserta UKMPPG lulus ujian dan 4691 (42%) peserta tidak lulus. Tahun 2018 standar kelulusan tidak setinggi tahun 2019”, jelasnya.

Fahmi juga menyampaikan tujuan diadakan sertifikasi oleh pemerintah dan memberikan pesan kepada peserta yang belum lulus .”Tujuan diadakan sertifikasi adalah untuk meningkatkan profesionalitas dan kinerja guru serta meningkatkan kesejahteraan guru. Untuk peserta yang belum lulus harus mengikuti pola PPG dan bisa mendaftar kembali pada Februari 2020 untuk mengikuti UKMPPG”, tambahnya

Rubrik       : Tak Berkategori