Isi Bensin Pagi Hari Dapat Lebih Banyak, Benarkah?

  • Whatsapp
Mitos Isi Bensin Pagi Hari Dapat Lebih Banyak, Benarkah? Foto: Agung Pambudhy

BANDA ACEH – Banyak yang menganggap mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan pada pagi hari lebih baik. Mitosnya, mengisi BBM pada pagi hari dengan cuaca yang relatif lebih dingin maka Anda akan mendapatkan bensin lebih banyak. Benarkah mitos tersebut?

Dikutip dari Technology.org, teori di balik mitos ini sederhana. Semakin dingin cairan, akan semakin padat. Disebutkan, bahan bakar yang lebih dingin memiliki kepadatan yang lebih tinggi. Memang, satu liter bensin atau solar dingin akan memiliki berat lebih dari satu liter bensin dalam kondisi hangat. Logikanya, jika bahan bakar dalam kondisi lebih dingin dan memiliki kepadatan lebih tinggi, Anda akan mendapatkan BBM lebih banyak dengan harga yang sama.

Baca juga:
Hasil MotoGP Catalunya 2020: Quartararo Menang, Dovi dan Rossi Jatuh

Beberapa orang sangat percaya dengan teori dan metode ini. Sehingga mereka bangun lebih awal untuk mengisi tangki kendaraan mereka di pagi hari. Tapi, mitos itu tak bisa dipercaya begitu saja.

Faktanya, setiap SPBU menyimpan bahan bakar di tangki yang tertanam di bawah tanah. Bahan bakar itu terisolasi dengan sangat baik. Artinya, biasanya suhu bahan bakar yang tertimbun di dalam tangki SPBU itu akan tetap sama.

Tentu, ada bahan bakar lebih dingin yang lebih dekat dengan nozzle. Tapi, ketika ada banyak kendaraan yang mengisi bahan bakar, BBM yang lebih dingin dekat nozzle tersebut lebih cepat tersalurkan. Dan Anda tetap akan mendapatkan bahan bakar dengan suhu yang kurang lebih sama.

Baca juga:
GenBI UTU Lakukan Aksi Bersih Sampah Di Wisata Aceh Barat

Selain itu, perubahan kepadatan BBM akibat suhu yang lebih dingin juga sangat kecil. Kalau mau merasakan keuntungannya Anda harus mengisi tangki besar.

Ada beberapa cara lain yang bikin pengeluaran bensin lebih hemat. Yang paling penting bukan soal waktu pengisian bensin, melainkan kendaraan Anda harus terawat rutin. Ban dengan tekanan angin dan kondisi yang masih bagus juga akan membuat BBM lebih irit.

Baca juga:
BPN Aceh Jaya Deklarasikan Pencanangan Zona Integritas Secara Virtual

Cara berkendara Anda pun akan mempengaruhi hemat/borosnya konsumsi BBM. Kalau lebih sering membejek pedal gas dalam-dalam pasti akan lebih boros.

Selanjutnya, jangan membiarkan mobil menanggung bobot berlebihan. Overload penumpang atau barang sama saja membuat BBM lebih boros.

Rubrik       : News
Sumber    : detikcom

Pos terkait