KNPI Abes Edukasi Kesiapan Mental Remaja di Era Globalisasi

  • Whatsapp

JANTHO, INFONANGGROE.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Besar memberikan materi tentang Kesiapan Mental di Era global pada 72 personil Paskibraka yang sedang mengikuti diklat di gedung BLK Disnaker Aceh Besar, 9/9/2019.

Musiarifsyah Putra, S.Pd.I yang dipercayakan sebagai pemateri dalam hal ini menyampaikan kepada peserta Paskibra di era globalisasi ini Remaja perlu mempersiapkan diri, terutama kesiapan mental, pengetahuan agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan era globalisasi. Sebagai Warga Negara Indonesia yang yang Sebentar lagi memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74. Generasi muda indonesia harus mampu mengisi kemerdekaan dengan hal mempersiapkan diri menjadi generasi yang SDM nya mempuni. Hal ini sesuai juga denga tema Hut Kemerdekaan RI ke 74 ” SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Pengaruh globalisasi membawa kepada permasalahan remaja yang kompleksitas, tanpa ada filter dalam diri remaja terutama pondasi Iman dan Pengatahuan Agama yang kuat, maka pangaruh globalisasi dapat menjeremus Remaja pada hal negatif, seperti pergaulan bebas, narkoba dan permasalahan sosial lainnya, Tutur Pemuda yang aktif sebagai penggiat sosial di bidang narkoba.

Musyarif Juga menambahkan, diusia Remaja pemanfaatan waktu dengan baik sangat diperlukan. Sebagai generasi penerus bangsa agar terus meningkatkan Kapasitas dan kualitas diri, seperti Life skill. Penggunaan media Sosial kepada arah positiv, dan belajar yang tekun, tidak lalai dengan Game Online yang dapat membuat kecanduan.

Disamping itu juga Remaja harus aktif dan kreatif. Salah satu dengan masuk organisasi baik ditingkat sekolah seperti (OSIS. PMR. Pramuka, PIK R, Seni dan Olah Raga) maupun organisasi selasai atau tamat sekolah seperti KNPI.

Organisasi akan mengajarkan pengetahuan baru yang tidak didapatkan saat jam belajar formal di sekolah, seperti manajemen organisasi. Kepemimpinan, serta budaya organisasi yang sesuai dengan kearifan lokal. Dengan semua itu Remaja akan memiliki wawasan yang luas, tutup Pengurus KNPI Aceh Besar ini.

Rubrik       : News

Pos terkait