156 Perangkat Gampong Mengikuti Bursa Inovasi Desa di Glumpang Tiga

  • Whatsapp

SIGLI, INFONANGGROE.com – 156 perangkat Gampong yang terdiri dari Keuchik. Ketua Tuha Peut dan perwakilan tokoh perempuan gampong dari dua kecamatan Glumpang Tiga dan Glumpang Baro. Yang tergabung dalam cluster 1 bursa inovasi desa. Mengikuti bursa inovasi desa yang diadakan di Gedung BKKBN Glumpang Tiga, Rabu (07/08/19) kemarin.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa resmi dibuka oleh Camat Kecamatan Glumpang Tiga, Drs. Ishak, dalam sambutanya mengatakan. “Hari ini (red : 07/08/19 ) adalah hari yang paling bersejarah yaitu adik abang bertemu kembali. Dulu kecamatan Glumpang Baro merupakan bagian dari kecamatan Glumpang tiga.

Kecamatan Glumpang Baro merupakan kecamatan pemekaran dari kecamatan Glumpang Tiga. Yang dimekarkan pada tahun 2003 melalui Qanun Kabupaten Pidie Nomor 1 tahun 2002 yang ditetapkan pada tanggal 6 Februari 2013 dan diundangkan pada tanggal 10 Feberuari 2013.

Dalam hal ini lanjut Camat Ishak,  mengharapkan kepada peserta bursa inovasi desa. Khususnya kecamatan Glumpang Tiga, kita harus ada satu fokus program. Suatu usaha dalam gampong dalam tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarkat melalui program inovasi desa.

Selain itu, Fadlon Radhi selaku Pendamping Desa Teknik Infrastruktur dalam materi yang disampaikan mengatakan. “Salah satu tujuan dari dana gampong yaitu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan pendapatan asli gampong. Selama ini pengunaan dana gampong  lebih di optimalkan ke kegiatan fisik seperti rabat beton dan lain sebagainya, apakah pembangunan itu penting, ya penting” Ujar Fadlon.

Namun kita harus bisa melihat, mana yang Lebih penting. Supaya desa bisa memberdayakan diri nya sendiri. Ini sesuai dengan nawacita ke tiga Presiden Joko widodo. Yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan”.

Salah satunya yaitu peningkatan taraf perekonomian warga. Jadi dengan adanya kegiatan bursa inovasi ini kami mengharapkan untuk tahun 2020 di Kecamatan Glumpang Tiga dan Glumpang Baro lahir kegiatan- kegiatan yang Inovatif.

Kegiatan- kegiatan yang bisa meningkatkan taraf perekonomian warga, dan yang bisa menambah aset gampong sehingga gampong menjadi kuat dan mandiri.

Lanjut Fadlon Radhi, apabila gampong sudah mandiri, desa bisa mengatur diri sendiri, tidak serta Merta mengharapkan bantuan dari pihak lain. Misal hari ini kita menikmati dana desa, semua diatur melalui melalui Undang-undang, Peraturan Menteri, Perbub dan lainya sebagainya seperti penggunaan dana gampong untuk kearifan lokal dibatasi 15 %,  nah  ketika kita melakukan pembangunan desa dengan menggunakan Pendapatan Asli Gampong (PAG), kita bisa mengunakan tambahan dana untuk kegiatan-kegiatan yang seperti tersebut diatas sesuai dengan kebutuhannya, namun ini harus dimusyawarahkan terlebih dahulu di tingkat Gampong, apabila sudah menjadi keputusan di dalam musyawarah gampong maka dituangkan menjadi qanun gampong.

Acara bursa inovasi desa juga di hadiri oleh Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Pidie, Tim Inovasi Kabuapten Pidie, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pidie dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Pidie (RTIK Pidie).

Rubrik       : Tak Berkategori