Sahabat Alam Subulussalam Tolak PLTA Soraya Aceh

  • Whatsapp

SUBULUSSALAM, INFONANGGROE.com – Aliansi sahabat alam subulussalam menyatakan sikap untuk menolak PLTA SORAYA. Yang rencananya akan dibangun di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) yang berada di sungai Lae Soraya, Selasa (23/7/19).

Adapun beberapa poin kencaman kami baik untuk PLTA dan Pemerintah setempat. Agar lebih jeli dalam langkah mengambil kebijakan untuk kemajuan daerah.

Ya pertama. Kami mengecam keras terhadap PLTA SORAYA karena pembangunannya di kawasan ekosistem atau kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Yang mana merupakan satu dari tiga taman nasional di Sumatera terdaftar sebagai situs warisan dunia atau Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

Kedua kami mengecam karena kami melihat pembangunan sebuah PLTA membutuhkan bendungan atau dam. Namun, dam ini berpotensi menyingkirkan atau menenggelamkan lahan pertanian, hutan. Bahkan permukiman warga di sekitarnya.tutur maslaini solin selaku ketua sahabat alam subulussalam.

Maslaini solin pun berpesan kepada pihak pemerintah atau perusahaan Tersebut sebaiknya membangun pembangkit listrik terbaru. Kalau memang daerah kita masih kekurangan tenaga listrik ya seperti tenaga Surya atau tenaga angin.

Karena dari PLTA ini Kita harus ambil pelajaran dari Tragedi Situ Gintung pada bulan Maret tahun 2009 silam. Menjadi contoh betapa pentingnya pengawasan dan pemeliharaan sebuah bendungan atau waduk. Dua juta meter kubik air meluncur dari tanggul Situ Gintung jebol memakan korban tak kurang dari 100 orang Di Laos.

Pemerintah seharusnya ambil pelajaran seperti kejadian Pembangunan PLTA di batang toru Tapanuli, disana banyak di iming2 pekerjaan dan sebagainya jika PLTA itu dibangun tapi apa.

Yang ada konflik antara orang utan dan masyarakat setempat karena habitat dari orang utan di gusur demi kepentingan PLTA mengatasnamakan manusia.

Jadi kami ingatkan kepada pemerintah jangan coba berharap ekonomi subulussalam semakin baik jika sifatnya merusak alam, karenaTak akan ada ekonomi berkelanjutan apabila lingkungan semakin di rusak.

Rubrik       : Tak Berkategori