Android Bukan Tempat Jaga Privasi!

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Bahaya tersembunyi pada aplikasi android yang meminta akses data,vidio,lokasi dan images tak ada yang menyadari penguna sudah memberi akses penuh kepada platform app yang mereka install.

Seperti masalah beberapa hari yang lalu viralnya Aplikasi FaceApp Netizen beramai-ramain melakukan challenge hashtag #faceappchallenge. Sehingga muncul opini-opini bahaya tersembunyi pada FaceApp mengambil informasi pribadi pengguna untuk dimanfaatkan kepentingan perusahaan.

Tanpa disadari WhatsApp, Instagram, Youtube. Facebook dan Aplikasi yang berkaitan dengan foto bahkan game saja melakukan hal yang sama untuk meminta akses penuh android pengunanya.

Ribuan penguna aktif WhatsApp melakukan sharing foto, vidio, musik dan data penting dalam setiap hari. Tetapi tak ada yang menyadari dimana letak file tersebut sehingga bisa di akses oleh temannya.

Ucapan dikutip dari forum anonymous “Anda mau aman, maka tidak nyaman. Mau nyaman, maka anda tidak aman” slogan leader anonymous.

Tim Developer Infonanggroe.com menganilisa setiap file.apk semua berkaitan degan server pemilknya. Upload apapun akan tersimpan pada database. Setiap aplikasi itu tidak aman, Android pun tidak aman untuk digunakan.

Hanya logika pikir kita yang bisa membuat privasi data masing-masing aman. seperti dilansiri berapa-berapa media online nasional, Peusahaan fakeapp tidak aman. Hasil analisa Tim Infonanggroe, cara mengunakan fakeapp itu jangan mengunakan foto yang ada di dalam file manager, galery tetapi gunakan kamera.

Setelah proses foto selesai maka editlah sesuai keinginan anda. Pada saat sudah selesain Screenshot saja, maka jadilah sebuah foto dan anda bisa ikut serta hashtag #faceappchallenge dengan aman dan nyaman.(*)

Rubrik       : News

Pos terkait