Raspberry Pi 4 Diluncurkan dengan Dukungan 4K, Hingga 4GB RAM

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Foundation Raspberry Pi baru saja mengumumkan Raspberry Pi 4, generasi baru komputer barebone yang menjanjikan tingkat kinerja seperti PC berkat serangkaian peningkatan yang sangat dinanti.

Raspberry Pi 4 Model B seharusnya tidak kurang dari 3 kali lebih cepat dari pendahulunya berkat prosesor 1.5 GHz quad-core 64-bit 64-bit ARM Cortex-A72, yang dapat dipasangkan dengan tiga pilihan konfigurasi RAM yang berbeda.

Seperti dilandir softpedia, Ini adalah pertama kalinya Raspberry Pi ditawarkan dengan lebih dari satu opsi memori. Model dasar menawarkan 1GB RAM, sedangkan konfigurasi mid-range hadir dengan 2GB RAM. Bagian atas dari kisaran dilengkapi dengan 4GB RAM.

Model Raspberry Pi baru ini juga menawarkan dukungan dual-monitor pada resolusi hingga 4K dan menawarkan decoding perangkat keras dari video HEVC 4Kp60. Ini dilengkapi dengan dua USB 3.0 (satu digunakan untuk daya) dan dua port USB 2.0, sementara juga membanggakan Gigabit Ethernet throughput penuh, Bluetooth 5.0, dan jaringan nirkabel 802.11ac dual-band.

Lembar spesifikasi, yang dapat Anda temukan secara penuh di akhir artikel, tentu mengesankan untuk perangkat yang sangat kecil dan sangat terjangkau.

Raspberry Pi Foundation tetap dengan level harga tanda tangan $ 35 untuk Raspberry Pi 4, tetapi karena menawarkan lebih dari satu SKU, versi yang ditingkatkan sedikit lebih mahal. Versi 1GB RAM dengan demikian biaya $ 35, dan menambahkan 1GB RAM lain meningkatkan harga sebesar $ 10. Versi 4GB berharga $ 55.

Lebih banyak perubahan

Sementara lembar spek biasanya adalah yang mendapat semua perhatian, ada lebih banyak yang bisa ditemukan di bawah tenda.

Misalnya, perangkat ini memiliki konektor daya baru, karena tim teknik mengganti microUSB dengan USB-C.

“Kami telah pindah dari USB mikro-B ke USB-C untuk konektor daya kami. Ini mendukung arus ekstra 500mA, memastikan kami memiliki 1,2A penuh untuk perangkat USB hilir, bahkan di bawah beban CPU yang berat, ”Eben Upton, Kepala Eksekutif Raspberry Pi Trading, menjelaskan,

Pembaruan lainnya juga menyangkut dukungan tampilan, yang membutuhkan perbaikan berkat penambahan output tampilan ganda.

“Untuk mengakomodasi output dual display dalam footprint board yang ada, kami telah mengganti konektor HDMI tipe-A (ukuran penuh) dengan sepasang konektor HDMI tipe-D (mikro),” jelas Upton.

Raspberry Pi 4 juga dilengkapi dengan aksesoris baru, seperti kasing, catu daya, dan kabel, tetapi juga dengan kit desktop yang diupgrade yang harganya $120 dan terdiri dari perangkat itu sendiri, kasing resmi, PSU, mouse dan keyboard, sepasang HDMI kabel, Panduan Pemula, dan kartu microSD 32GB.

Rubrik       : News

Pos terkait