SIRAH : Rehabilitasi Sebuah Solusi Berhenti Dari Penggunaan Narkoba

  • Whatsapp

BANDA ACEH, INFONANGGROE.com – Yayasan Pintu Hijrah (SIRAH) melakukan edukasi pembinaan terhadap korban penyalahgunaan Narkoba yang bertempat di kantor yayasan gampong Ateuk Jawo. kegiatan ini di ikuti oleh 41 Klien yang sedang menjalani Rehabilitasi rawat jalan. Liputan awak media infonaggroe Minggu 16 Juni 2019.

Program manager Rehabilitasi Yayasan Pintu Hijrah Sulaiman Ariga, SH dalam sambutanya mengajak seluruh Peserta kegiatan agar terus menjaga pemulihan serta menyibukkan dan membiasakan diri melakukan kegiatan positiv agar dapat melupakan narkoba. Ariga juga berpesan agar peserta serius mengikuti layanan rehabitasi hal itu untuk menguatkan dan menambah pengetahuan untuk tidak kembali menggunakan narkoba.

Akhyar Sani sebagai pemateri pada kegiatan tersebut, dalam materinya yang berjudul “Dampak Penggunaan Narkoba dan pencegahan kekambuhan” menyampaikan kepada peserta tentang Tips menjaga pemulihan. Seorang penyalahguna narkoba yang telah menjalani rehabilitasi agar tidak kembali menggunakan narkoba maka perlu di perhatikan serta dihindari ataranya: Hindari dari percakapan yg mengarah ke pengalaman memakai narkoba. Hindari teman yang kerap menjadi kurir atau pengedar. Hindari tempat dimana pernah duduk memakai narkoba. Hindari barang-barang yang dapat membuat atau memicu sugesti. Kondisi diatas lebih kerap memicu individu untuk relaps (menggunakan narkoba kembali) imbuhnya.

Akhyar yang juga berprofesi sebagai konselor adiksi narkoba saat diwawancarai awak media setelah selesai memberi materi mengatakan kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan terutama bagi mereka para pecandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi, kita berharap mereka dapat menjaga pemulihan diluar sana, dapat kembali produktif serta dapat bersosialisasi dalam masyarakat sebagaimana sebelum menggunakan narkoba, tutupnya.

Yayasan Pintu Hijrah (SIRAH) salah satu lembaga yang menjalankan rehabilitasi narkoba berbasis Islami di Aceh, dan merupakan Intitusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Rehabilitasi sosial Kementerian Sosial RI.

Rubrik       : Tak Berkategori