YARA : Mengingatkan Agar Mereka Tidak Amnesia

  • Whatsapp

BANDA ACEH, INFONANGGROE.com – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengingatkan kepada para penandatanganan MoU Helsinki tidak amnesia bahwa masih ada hal peting dari MoU sampai saat ini belum dibentuk, yaitu komisi klaim.

Komisi klaim harus dibentuk dua tahun setelah penandatangan Nota Kesepahaman MoU, tetapi sampai saat ini belum dibentuk. Komisi Bersama Penyelesaian Klaim sebagaimana diamanahkan dalam perjanjian MoU Helsinki di Poin 3.2.6.

Yara menggugat penandatangan MoU Helsinki ke Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh, Jumat (13/6/11). Gugatan tersebut diajukan karena sampai sekarang belum dibentuk untuk mengingatkan para penandatanganan MoU Helsinki bahwa masih banyak poin-poin MoU Helsinki belum dilaksanakan, salah satunya pementukan Komisi Bersama Penyelesaian Klaim. Komisi klaim ialah salah satu media reintegrasi untuk menjaga perdamaian berjalan mulus.

Safaruddin Ketua Yara Aceh, “Perdamaian saat ini hanya dirasakan oleh mereka yang menikmatinya dari ruang ber-AC, tapi tidak bagi korban konflik dan mantan kombatan seperti Din Minimi dan kawan-kawan,” tukas Safaruddin, dikutip dari rilis serambi indonesia.

Tidak artinya perayaan seremonial MoU Helsinki apabila masih banyak korban konflik dan mantan kombatan GAM yang belum sejahtera serta mendapatkan keadilan.(*)

Rubrik       : News

Pos terkait