Ridwan Kamil : Tidak Ada Niat Masjid Al Safar Simbol Illuminati

  • Whatsapp

JAKARTA, INFONANGGROE.com – Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat akhirnya menjumpai Ustaz Rahmat Baequni setelah munculnya perdebatan di dunia maya perihal desain masjid Al Safar yang dituding sarat akan simbol terselubung illuminati. Masjid yang berada di lokasi (rest area) jalan tol Cipularang, KM 88, diketahui didesain Ridwan yang memang dikenal sebagai arsitek.

Sedangkan Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam presentasinya di gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung melayangkan pertanyaan tentang masjid-masjid yang lain juga punya segitiga atau satu lingkaran termasuk bentuk mihrab Masjid Nabawi di Kota Madinah. Oleh karena itu, Emil meminta agar ulama mengambil kesepakatan yang sama terkait simbol.

Dalam pemaparan tersebut, Emil menjelaskan saat diberi kesempatan mendesain masjid Al Safar yang letaknya di kaki gunung itu ia menggagas konsep yang terkesan menyatu dengan alam.

“Apa bentuknya? Alam itu tidak beraturan maka Masjid Al Safar pun bentuknya tidak beraturan,” kata Ridwan.

“Dalam ilmu arsitektur ada teorinya. Namanya teori melipat atau origami. Dengan melipat kita bisa membentuk yang tidak beraturan menjadi berdiri. Bentuk tidak beraturan ini secara alami membentuk segitiga dalam lipat-melipat supaya bisa belok,” ujarnya dikutip dari rilis cnnindonesia.com.

Atas dasar itu, ia pun menegaskan tak ada niat dirinya mendesain masjid tersebut dengan simbol yang dituding mirip illuminati.

Rubrik       : News

Pos terkait