Google Memperingatkan Huawei Android Fork Dapat Membiarkan Pintu Terbuka bagi Peretas

  • Whatsapp

Teknologi (Infonanggroe) – Huawei saat ini sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri menggantikan Android dan Windows setelah larangan pemerintah AS yang melarangnya bekerja dengan perusahaan-perusahaan Amerika.

Dan meskipun ini adalah satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk Huawei mengingat Huawei tidak lagi diizinkan untuk menggunakan Android, Google sekarang memperingatkan bahwa perusahaan China yang membangun OS sendiri akhirnya dapat memengaruhi keamanan nasional.

Sebuah laporan dari Financial Times mengungkapkan bahwa perusahaan induk Google, Alphabet, memperingatkan bahwa perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Presiden Trump pada bulan Mei tidak lagi memungkinkan raksasa pencarian untuk merilis patch Android ke perangkat Huawei.

Akibatnya, Huawei harus membangun garpu Android sendiri, yang akan membuka pintu bagi peretas karena perusahaan China tidak memiliki pengetahuan dan teknologi yang diperlukan untuk mengamankan platform terhadap serangan cyber.

Tidak ada layanan Google Selain itu, sistem operasi Huawei akan kekurangan layanan Google, termasuk Google Play Store, sehingga Huawei juga harus membuat app store sendiri. Google telah menerapkan beberapa fitur keamanan di Play store, termasuk Play Protect, yang membantu mendeteksi malware dan menghapus aplikasi jahat.

Tanpa teknologi semacam itu, saingan Android Huawei dapat rentan terhadap serangan cyber, dan ini pada akhirnya dapat menjadi bumerang terhadap pemerintah AS. Menurut orang yang akrab dengan masalah ini, Huawei ingin menyelesaikan sistem operasinya untuk perangkat yang dijual di China segera setelah musim gugur ini, sementara peluncuran platform internasional dijadwalkan untuk tahun 2020.

Kode nama Hongmeng dan kemungkinan akan diluncurkan sebagai Ark OS, operasi ini sistem akan mempertahankan dukungan untuk aplikasi Android, karena Huawei ingin membuat transisi dari versi berlisensi Android ke platformnya semulus mungkin. Huawei sudah menawarkan app store-nya di perangkat yang dijualnya, tetapi dimulai dengan OS baru, perusahaan akan mulai mendorong lebih keras untuk lebih banyak aplikasi yang akan diterbitkan di sini.

Rubrik       : News

Pos terkait