KIP Aceh Besar Sarat Intervensi dan Melanggar Hukum

  • Whatsapp

INFONANGGROE.COM, Jantho – Rapat Pleno perhitungan suara DPRK Aceh Besar ditunda, penundaan ini dilakukan secara sepihak oleh KIP, padahal saat rapat pleno berlangsung sampai pukul 18.15 WIB sebelum di skor KIP memutuskan bahwa rapat Pleno dilanjutkan pukul 22.00 WIB. Namun dalam amatan awak media Infonanggroe yang berada dilokasi sudah pukul 23.15 WIB rapat pleno belum juga dimulai.

Salah seorang saksi yang mengikuti rapat pleno perhitungan suara DPRK dari partai PNA Hasanudin saat di wawancarai awak media mengatakan keputusan KIP yang menunda sepihak Rapat pleno suatu hal menyalahi aturan pleno, padahal tadi jelas saat sebulum di skor KIP memutuskan pleno dilanjutkan pukul 22.00 WIB.

Penundaan sepihak ini seperti adanya intervensi pihak luar yang menginginkan rapat pleno ditunda, karena sebelumnya pada saat pleno berlangsung terjadinya argumentasi antara saksi partai PNA, SIRA, DEMOKRAT, PDA dan PA dengan saksi dari partai PAN, yang mana saksi PNA, SIRA, DEMOKRAT, PDA dan PA menginginkan pihak KIP mengindahkan rekomendasi Bawaslu untuk perhitungan surat suara ulang di TPS yang berada di beberapa kecamatan. Sedangkan saksi dari partai PAN menginginkan agar tidak dilakukan perhitungan suara ulang.

Hasanudin juga menambahkan penundaan rapat pleno hanya dapat diputuskan dalam rapat pleno juga. Justru dengan pembatalan sepihak ini jelas menunjukkan adanya ketidak netralan KIP serta sarat intervensi pihak lain.

Kita tetap mempertahan sebagaimana surat rekomendasi Bawaslu Aceh Besar Nomor Surat : 250/k.Bawaslu.AC/02/PM.00.02/IV/2019 perihal Rekomendasi, yang memerintahkan KIP Aceh Besar untuk melakukan Penghitungan surat Suara Ulang di berbagai TPS di Aceh Besar, Ujar Hasanudin.

Sebagaimana kita ketahui bersama surat rekomendasi bawaslu Aceh Besar di keluarkan karena adanya laporan dari partai PA, PNA, PDA, Sabirin dan Saifuddin terhadap kecurangan, dugaan pengelembungan suara dan kesalahan administrasi di tingkat TPS dan PPK.[Red]

Rubrik       : News

Pos terkait