Dedy Saputra : Pemuda dan Perangkat Gampong Harus Proaktif Melawan Narkoba

  • Whatsapp

INFONANGGROE.COM, BANDA ACEH – Pemuda dan seluruh perangkat gampong di Aceh menjadi kunci dalam hal memulihkan korban penyalahgunaan narkotika (KPN), hal ini disampaikan oleh Dedy Saputra ZN Ketua Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Kementerian Sosial RI Yayasan Pintu Hijrah dalam Pelatihan Pembinaan Generasi Muda Anti Narkoba. Dan Keamanan Gampong di balai meunasah Rukoh pada senin, 25/12/2018.

Bangsa ini sedang kritis dijajah oleh narkoba, urusan pemberantasan menjadi ranah kepolisian dan perangkat penegak hukum negeri ini. Tetapi masalah rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama. Dedy mengatakan sejauh ini ada beberapa dari KPN sesudah mengikuti rehabilitasi di Panti Rehab Pintu Hijrah Kembali menggunakan narkotika.

Yang menjadi salah satu faktornya selain pergaulan dengan sesama pecandu juga karena kurangnya mendapat tempat digampong mereka. Seyognya KPN setelah direhabilitasi maka perangkat dan masyarakat gampong merangkulnya sebagai warga yang telah berhijrah dari dunia narkotika kedunia sosial normal mereka. Bukan malah divonis seakan-akan mereka adalah mantan penjahat yang harus dikucilkan.

Dedy juga menyampaikan bahwa KPN yang selama ini mengikuti program rehabilitasi di Yayasan Pintu Hijrah selain diajak menjalankan tuntutan agama dengan terapi spiritual Juga mampu menjadi khatib jumat. Karena selama mereka di panti rehabilitasi pintu hijrah. Mereka diajarkan ilmu agama seperti pengajian kitab dan pelaksanaan ibadah wajib serta sunnah.

Kegiatan pelatihan tersebut selain pemateri Dedy Saputra ZN juga diisi oleh Camat Kecamatan Syiah Kuala, polsek dan koramil. Yang diikuti oleh pemuda dan pemudi gampong Rukoh kecamatan Syiah Kuala.

Rubrik       : News

Pos terkait