Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Pulo Aceh; BPKS Jangan Abaikan Pulau Aceh

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Momentum pencanangan Kota Sabang dan Pulo Aceh sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang melalui Undang-undang Nomor 37 Tahun 2000 menjadikan kawasan ini sebagai titik pertumbuhan kegiatan perekonomian bagi masyarakat Kawasan Sabang dalam skala lokal menuju pasar global ASEAN/ AFTA dan APEC tahun 2020. BPKS yang didirikan di Sabang pada tanggal 18 Pebruari 2001 dengan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Aceh Selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang Nomor 193/034 tentang Pembentukan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Kawasan Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas ditetapkan untuk jangka waktu 70 tahun (UU No. 37 Tahun 2000), sehingga pengoptimalisasi terhadap peluang, potensi dan keunggulan yang komparatif serta kompetitif terhadap letak geografis yang strategis di jalur perairan dan perdagangan internasional dengan memberdayakan sumberdaya alam yang melimpah dapat mewujudkan visi dan misi BPKS ke arah kawasan yang innovative entreprenuership.

BPKS sudah 19 tahun terbentuk, dengan tujuan agar dapat menjadi lokomotif atau penggerak pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan Sabang, Aceh Besar pada khususnya dan Aceh Pada Umumnya. ada beberapa dinamika yang terus terjadi sehingga BPKS terkesan hanya menjadikan sabang sebagai tujuan utama dalam pembangunan dan pengembangan kawasan sehingga masyarakat yang berada di Pulo Aceh sebagai kawasan yang juga harus dikembangkan merasa tidak tersentuh secara maksimal.

Masyarakat Pulo Aceh sangat berharap Badan Pengusahaan Kawasan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) lebih fokus membangun Pulo Aceh sebagai daerah Kawasan baik dari sektor Inprastruktur maupun sektor pengembangan Pariwisata. Karena potensi yang dimiliki Pulo Aceh juga sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejak terbentuknya BPKS, masyarakat Pulo Aceh baru sedikit merasakan adanya perhatian dari pihak BPKS dalam setahun terakhir dengan adanya pembangunan infrastruktur yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat seperti :

  1. Pembangunan Jalan Alue Raya – Melingge
  2. Pembangunan Jalan Blang Situngkoh – Lampuyang
  3. Pembangunan Jalan Simpang Balu – Lapeng
  4. Pembangunan Jalan Lamteng – Pasi Janeng
  5. Pembangunan Lampu PeneranganJalan Umum (PJU) Pulo Aceh

Sampai saat ini sudah ada beberapa infrastruktur yang sudah dibangun oleh BPKS, namum belum berfunggsi secara maksimal karena tidak dilengkapi sarana penunjang yang layak yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti Pelabuhan Peikanan di Pulo Breuh ditambah lagi pajabat BPKS yang jarang datang ke Pulo Aceh untuk bertatap muka dengan masyarakat dan tokoh Masyarakat guna menampung aspirasi Masyarakat untuk pengembangan kawasan Pulo Aceh lebih terarah, hal seperti ini yang belum pernah terjadi sejak BPKS terbentuk.

Dengan adanya perhatian dan kepedulian secara lansung yang ditujukan oleh kepala BPKS kepada masyarakat dalam menampung aspirasi untuk pengembangan kawasan Pulo Aceh menjadi hal yang sangat penting agar program-program yang akan dilaksnakan tepat sasaran dan tepat guna bagi masyarakat Pulo Aceh bukan hanya untuk kepentingan Pengusaha (proyek) saja.

Kepedulian semua pihak agar pengembangan kawasan Sabang dan Pulo Aceh oleh BPKS terus terlaksanan dengan baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di kawasan serta aceh pada umumnya.

Kepada bapak PLT Gubernur Aceh kami sangat berharap agar mempertimbangkan permohonan dari masyarakat agar penempatan kepala BPKS betul-betul orang yang punya dedikasi dan kepedulian terhadap masalah-masalah yang terjadi serta mau turun lansung duduk dengan masyarakat untuk menampung aspirasi masyarakat seperti yang telah dilakukan oleh kepala BPKS setahun terakhir.

Demi keberlanjutan pelaksanaan program di kawasan Pulo Aceh sekali lagi harapan Kami Masyarakat Pulo Aceh kepada bapak PLT Gubernur Aceh agar penempatan Kepala BPKS orang yang punya integritas dan rasa peduli dengan Masyarakat khususnya.

Rubrik       : Tak Berkategori