H Sudirman kembali Membiayai Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia

  • Whatsapp

LHOKSUKON, INFO NANGGROE – Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman kembali membiayai pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Aceh dari Malaysia. Selama ini, mereka ditahan di negeri jiran menyusul tidak memiliki dokumen lengkap.

Ketiganya adalah Amirullah, warga Desa Mee Matang Panyang, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara. Kemudian, Musliadi, warga Desa Keude Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, dan Diky Rahmadhani warga Desa Asan, Kecamatan Madat, Aceh Timur.

“Kemarin, kita sudah memulangkan Musliadi. Kita sudah berusaha mencarinya di Malaysia. Bahkan, kita juga minta Ketua Kesatuan Aneuk Nanggroe (KANA), Nazaruddin alias Abu Saba di Malaysia. Tapi, baru dalam sepekan ini kita temukan. Setelah ditemukan, Abu Saba langsung mengurus administrasi untuk pemulangan,” lapor Haji Uma–sapaan akrab Sudirman

Musliadi, lanjut Haji Uma, sudah diantar oleh stafnya, Muhammad Daud ke rumah orang tuanya setelah tiba di Aceh. “Sebelumnya, ada empat TKI Aceh yang ditangkap dan ditahan penjara Malaysia, karena tak melengkapi dokumen. Namun, satu TKI atas nama Zainal Ali yang dilaporkan warga Kecamatan Langkahan, masih ditelusuri alamat rumah orang tuanya,” sebutnya.

Menurut Haji Uma, dirinya sudah datang langsung ke rumah orang tua Diki, dan Amiruddin. Kemudian, dia juga mencari Zainal Ali ke Desa Alue Dua, hanya saja warga tak mengenalnya. Sehingga, untuk Zainal dirinya belum mengurus administrasi. “Alamat yang dikasih sebelumnya sudah kita datangi, warga mengaku bukan warga Alue Dua,” ujar Haji Uma.

Ketua KANA di Malaysia, Nazaruddin menyebutkan, dua TKI asal Aceh menunggu jadwal kepulangan. Sedangkan untuk admintrasi termasuk paspor dan tiket pesawat sudah sudah selesai. “Amirullah akan diberangkat pada 6 Desember 2018 ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, sementara Diky Rahmadhani akan diberangkat pertegahan bulan Desember, ” pungkas Abu Saba. Klik [Sumber]

Rubrik       : Tak Berkategori