Guru MAN “Tungkob” Juara I Nasional Anugerah GTK Madrasah 2018

  • Whatsapp

Surabaya (Info Nanggroe) – Salah seorang guru Aceh Besar kembali mengharumkan nama Aceh di kancah nasional. Adalah Nurchaili, S.Pd. M.Kom., guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar yang lebih dikenal dengan MAN Tungkob, dinobatkan sebagai Juara I Guru Madrasah Aliyah Berprestasi dalam Grand Final Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur 25/11/2018.

Nurchaili menjadi nominator terbaik dalam babak grand final (5 besar) dengan mengungguli nominator lainnya yaitu:

  1. Resmaleni, S.Si.,M.Pd. (MAN 2 Kota Serang, Banten) sebagai juara 2
  2. Miftakul Fikri, M.Pd. (MAN Manokwari, Papua Barat) sebagai juara 3
  3. Lidia Mubarrak, M.Pd, (MAN 1 Kuantan Sengingi, Riau) harapan 1
  4. Latipah Hanum Lubis, M.Pd. (MAN 2 Kota Jambi, Jambi) harapan 2

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, yang diikuti oleh 55 Finalis (5 besar) GTK madrasah berprestasi dari seluruh Indonesia. Kategori lomba terdiri dari guru dan kepala Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madarsah Aliyah (MA). Kemudian pengawas madrasah, pustakawan, dan laboran. Acara berlangsung 23-25 November 2018 yang resmi dibuka oleh Direktur GTK Madrasah, Prof. Suyitno di Hotel Ibis Surabaya City Center, 23 November 2018.

Saat pengumuman pemenang pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat GTK Madrasah, Kementerian Agama RI di Dyandra Convention Center Surabaya, minggu malam (25 November 2018), yang turut dihadiri oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Aceh juga ditetapkan sebagai juara umum Anugerah GTK Madrasah tahun 2018. Prestasi ini diperoleh setelah kontingen Aceh yang terdiri dari tujuh finalis berhasil meraih tiga juara 1, dua juara 3, satu harapan 1 dan satu harapan 2 dari sebelas kategori lomba. Tahun ini Aceh berhasil meloloskan tujuh GTK Berprestasi ke babak grand final. Meningkat dari tahun sebelumnya yang meloloskan lima peserta.

GTK Aceh yang meraih prestasi adalah:

  1. Nurchaili, S.Pd., M.Kom., Juara I Guru MA (MAN 4, Tungkob Aceh Besar)
  2. Mariani, M.Pd., Juara I Kepala MA (MAN 1 Aceh Tengah)
  3. Nurmahni Harahap, S.Pd.,M.Pd., Juara I Laboran (MTsN 1 Banda Aceh)
  4. Suhelli, S.Pd.I.,M.A., Juara III Guru MI (MIN 6 Banda Aceh)
  5. Mariaton, S.IP, Juara III Pustakawan (MTsN 1 Banda Aceh)
  6. Juairiyah, M.Pd., Juara Harapan I Guru RA (RA Fathun Qarib Banda Aceh)
  7. Ummiyani, M.Pd., Juara Harapan II Kepala MI (MIN 9 Banda Aceh)

Saat puncak peringatan HGN 2018, hadir juga pejabat Kanwil Kemenag Aceh, Muntasyir, S.Ag. M.A. (Kabid Pendidikan Madrasah) dan Zulkifli, S.Ag.M.Pd. (Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

“Prestasi yang sangat membanggakan ini merupakan anugerah dan rahmat dari Allah SWT,” kata Nurchaili. Disamping itu juga berkat adanya dukungan dan bimbingan dari instansi terkait, kepala madrasah, pengawas, rekan sejawat, komite madrasah, peserta didik dan pihak lainnya, terutama keluarga yang tidak henti-hentinya memberikan dorongan dan semangat. ujar Nurchaili.

Prestasi ini adalah yang kedua baginya di instansi Kementerian Agama setelah pada tahun 2008 ia juga terpilih sebagai Juara I Guru Madrasah Teladan Tingkat Nasional. Pada tahun 2014 ia juga berhasil meraih Juara III Pemilihan Guru SMA/MA Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Klik [Sumber]

Rubrik       : Tak Berkategori