Gunakan iPhone Sebagai Kunci Keamanan Akun Google Anda

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Kini Anda dapat menggunakan iPhone atau iPad, yang menjalankan iOS 10 atau versi lebih baru, sebagai kunci keamanan fisik untuk masuk dengan aman ke akun Google Anda sebagai bagian dari program perlindungan lanjutan untuk autentikasi dua faktor.

Pengguna Android telah memiliki fitur ini pada smartphone mereka sejak tahun lalu, tapi sekarang pemilik produk Apple juga dapat menggunakan bentuk otentikasi canggih, phishing-resistant sebagai alternatif untuk kunci keamanan fisik.

Menambahkan keamanan tambahan kemudian dari autentikasi dua langkah adalah salah satu langkah yang lebih penting yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan akun online Anda, yang menyulitkan penyerang untuk masuk ke akun Anda, terutama saat mereka mencuri kata sandi Anda.

“Menurut sebuah penelitian yang kami [Google] dirilis tahun lalu, orang yang secara eksklusif menggunakan kunci keamanan untuk masuk ke account mereka tidak pernah menjadi korban serangan phishing yang ditargetkan,” kata Shuvo Chatterjee, Product Manager di Google Advanced Protection program dirangkum infonanggroe dari TheHackerNews, Senin 20 Januari 2020.

iPhone

Google baru-baru ini diperbarui dengan ‘ Google Smart Lock ‘ App untuk iPhone yang sekarang dapat mengubah perangkat iOS Anda menjadi kunci keamanan fisik-perangkat kecil yang kriptografis menghasilkan token untuk mengkonfirmasi identitas Anda ke situs web, bukan mengharuskan Anda untuk menerima rahasia Token melalui saluran komunikasi yang tidak aman misalnya, email dan SMS.

“Kunci keamanan menggunakan kriptografi kunci publik untuk memverifikasi identitas dan URL halaman login, sehingga penyerang tidak dapat mengakses akun Anda meskipun mereka memiliki nama pengguna atau sandi Anda.

” Aplikasi ini menyimpan kunci pribadi Anda di enklave aman iPhone, prosesor terpisah di dalam iPhone modern yang menangani informasi biometrik seperti sidik jari, Face ID, dan data kriptografis lainnya — karena itulah hanya tersedia di iOS 10 dan versi lebih baru.

Setup relatif sederhana. Untuk memulai, Anda harus terlebih dulu menginstal aplikasi Smart Lock di perangkat iOS, memasangkan ponsel dengan laptop melalui Bluetooth untuk mengatur telepon sebagai kunci keamanan untuk akun Google Anda, lalu mendaftar ke program perlindungan lanjutan Google.

iPhone

Sekarang, kapan pun Anda mencoba login ke layanan Google di browser Web Chrome dengan nama pengguna dan sandi, Anda akan diminta untuk membuka aplikasi Smart Lock di iPhone dan mengonfirmasi proses masuk, dan tentu saja, Anda harus mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat.

Setelah mengaktifkan ini, Anda juga disarankan mendaftarkan kunci keamanan cadangan ke akun Anda, kalau-kalau Anda kehilangan ponsel Anda.

Rubrik       : Tak Berkategori