Eks Petinggi GAM Aceh Timur Dukung kebijakan Nova Iriansyah

  • Whatsapp

Aceh Timur, INFONANGGROE.com – Menanggapi kebijakan pembelian pesawat, Teungku Ahmad Coeh yang merupakan mantan eks petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) serta ketua tim sukses Irwandi Center Kabupaten Aceh Timur mendukung penuh langkah PLT Gubenur Nova Iriansyah melanjutkan program Irwandi Yusuf.

Menurutnya “saya Tgk Ahmad Coeh mengapresiasi sikap konsistensi PLT Gubenur terus melanjutkan kebijakan Bapak Irwandi Yusuf sebelumnya. Kita nilai ini kebijakan bagus dari tindak lanjut program keunggulan Irwandi Yusuf untuk menstimulus percepatan pembangunan ekonomi Aceh dengan memiliki pesawat perintis untuk membuka akses koneksi lintas sektor wilayah terisolir di Aceh”. ucap Tgk Ahmad.

Lanjut Tgk Ahmad “tidak ada yang salah dari program tersebut pesawat yang dimiliki nanti tidak hanya bisa digunakan oleh kepentingan gubernur semata, melainkan bisa digunakan oleh semua pihak, termasuk masyarakat untuk kepentingan umum,” kata Tgk Ahmad pada media Infonanggroe.com, Minggu 29 Desember 2019.

Menurut pentolan eks GAM ini, problem sangat mendasar dari pembangunan Aceh, adalah persoalan ekonomi dan investasi sehingga perlu stimulus untuk mememicu gairah investor masuk ke Aceh melakukan percepatan pembangunan di segala sektor, terutama sektor percepatan untuk pengetasan kemiskinan. Disamping itu, kita berharap kehadiran pesawat perintis juga akan mengatasi problem sepinya laju penerbangan di Aceh yang berjalan hanya di 5 bandara dengan frekuensi terbatas, antara 1-2 flight per minggu. Sementara penerbangan lain lebih banyak menjadikan Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara sebagai penghubungnya. Sedangkan 7 bandara yang ada di Kabupaten/kota dalam keadaan tidak ada aktifitas. Jelas Tgk Ahmad.

Untuk itu, sebagai masayarakat biasa, Tgk Ahmad ikut merasa bangga jika provinsi aceh sudah memiliki pesawat sendiri, maka perjalanan dinas ke kabupaten kota barat selatan, timur dan tengah sudah lancar dan cepat. Artinya, dengan kebijakan ini, nampak ada keseriusan PLT Gubenur Nova serius melakukan intervensi untuk mengatasi problem pembangunan di Aceh sehingga problem hubungan antar wilayah nantinya tidak lagi terkendala, seperti jarak tempuh antara Kota Banda Aceh dengan Kabupaten Singkil yang saat ini mencapai 760 Km kalau jalan darat. Tutur Tgk Ahmad.

Sedangkan kalau menggunakan angkutan darat, butuh waktu 15 jam menempuh jarak itu, jadi malah aneh jika Nova yang sebatas melanjutkan program Irwandi kini dipersalahkan dan digoreng kembali seakan tidak berpihak kepada masyarakat.,”ungkap Tgk Ahmad yang juga merupakan ketua tim sekber untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruh di Kabupaten Aceh Utara.

Rubrik       : Tak Berkategori