DPP SIGAP Optimis Keberadaan Medco Perkuat Ekonomi Aceh

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – DPP Solidaritas Generasi Aceh Perubahan (SIGAP), melalui Wakil DPP SiGAP Banta Diman memberikan tanggapan positif atas kunjungan Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah ke lokasi Central Processing Plant (CPP) Medco E&P Malaka (Medco E&P) yang terletak di Blang Nisam, Aceh Timur. Hal ini disampaikan pada media infonaggroe.com. Rabu 25 Desember 2019.

Menurutnya, kunjungan PLT Gubenur Nova Iriansyah ke lokasi perusahaan ditanggapi secara positif oleh masyarakat luas Aceh karena pemerintah konsistensi memberikan support terhadap aktivitas perusahaan minyak dan gas (migas) swasta nasional di Aceh, yang telah memberikan sumbangsih bagi ketersediaan energi nasional, serta memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat di Aceh. ucap Bata.

Lanjut Banta Kontes ini dicermati bahwa Medco E&P telah berkontribusi yang disamping memenuhi kebutuhan energi nasional, juga ikut menciptakan potensi ekonomi lain, seperti perhotelan, rumah makan, warung-warung, dan lain sebagainya.

Dari kajian dan pengamatan LSM Solidaritas Generasi Aceh Perubahan (SIGAP), pasca keberadaan Medco di Aceh Timur, perusahaan ini dirasakan telah berkontribusi positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat dan ikut melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat miskin, seperti pelatihan menjahit bagi ibu dan remaja, pertanian SRI organik, tanaman obat organik, bedah rumah kurang layak huni, Rumah Pemberdayaan serta pembangunan sarana dan prasarana fisik. Di samping itu, perusahaan ini telah secara professional menyerap lebih 85 persen tenaga kerja lokal Aceh yang disinyalir ikut mempercepat pembangunan wilayah sertempat untuk mengurangi angka kemiskinan.

“Ini adalah sebagai fakta jika keberadaan investasi sangat diharapkan masyarakat Aceh untuk terus diperkuat oleh pemerintah setempat dengan menggenjot investor luar berinvestasi di Aceh demi penguatan pondasi ekonomi daerah” Punkas Banta.

Menanggapi pertanyaan awak media mengenai ada pihak masyarakat yang mengkritisi dan ada kritikan pihak LSM, Banta menilai itu hal yang sangat wajar di era demokrasi dan keterbukaan informasi seperti sekarang ini. Artinya, kritikan harus menjadi stimulus bagi pihak pimpinan perusahaan untuk terus berbedah dan menjadikan Medco kedepan sebagai perusahaan professional yang dicintai masyarakat, ungkap Banta, selaku akademisi jebolan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh.

Rubrik       : Tak Berkategori