DPD LSM Ampehra, Berharap Pemda Aceh Timur Wujudkan Program Konservasi Alam Pada Kawasan Sungai dan Pesisir Pantai

  • Whatsapp

Aceh Timur, INFONANGGROE.com -Konservasi alam adalah suatu manajemen terhadap alam untuk melindungi makhluk hidup pada suatu lingkungan, bisa berupa tanaman maupun binatang.

Atau konservasi ialah suatu upaya yang dilakukan oleh manusia untuk bisa melestarikan alam, konservasi bisa juga disebut dengan pelestarian maupun perlindungan. Jika secara harfiah konservasi berasal dari bahasa Inggris yakni “Conservation” yang artinya pelestarian atau perlindungan.

Pengertian Konservasi menurut undang undang no 5 tahun 1990
Undang -Undang Republik Indonesia
Nomor 5 Tahun 1990 Tentang
Konservaai Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pimpiman Daerah ( DPD ) Asosiasi Masyarakat Peduli Hutan Rakyat Aceh (AMPEHRA) Kabupaten Aceh Timur, Teuku Saiful saat ditemui di Idi oleh awak Media jum,at 15 November 2019.

T. Saiful menyampaikan bahwa kami selaku pengurus DPD Ampehra sangat mengapresiasi kepada Pihak Pemda Aceh Timur, karena pembangunan Aceh Timur berjalan dengan baik disegala sektor.

Harapan kami kepada Pemda Aceh Timur, sesuai observasi kami dilapangan terkait kerusakan sungai seperti Abrasi, dan sedimen yang menumpuk ditengah sungai kemudian mengalir ke muara sehingga kuala pun menjadi dangkal, termasuk juga ancaman kerusakan tepi pantai serta kelestarian hidup terhadap ekosistem lainnya, itu semua butuh perhatian dan penanganan secara serius dalam bentuk konservasi Alam, ucap Saiful.

Kami DPD AMPEHRA hanya relawan yang mempunyai beban moral terhadap lingkungan, kalau bisa disepanjang bantaran sungai itu kiranya , kalau belum dapat dimaksimalkan dengan penahanan beton permanen, yang membutuhkan anggaran biaya puluhan milyar rupiah, sudah mungkin bukan lagi kewenangan kabupaten akan tetapi menjadi kewenangan privinsi maupun pusat, entah kapan bisa teratasi maupun dibangun semua dengan tempo yang tidak pasti, sebaiknya mulai sekarang ditanami pohon yang akarnya dapat menahan kerusakan atau abrasi sungai baik itu bambu, mangrove dan sejenisnya, begitu juga dengan tepi pantai agar ditanami pohon-pohon baik cemara maupun pepohonan lain.

Perlu kita ketahui bersama juga sepanjang sungai maupun sepanjang pantai yang ada di Aceh, sampai saat ini, Pemerintah belum mampu membangun Pengaman tebing sungai , kita boleh lihat di sepanjang Daerah Wilayah Sungai Krueng Jambo Aye, Aceh Utara dan saya tahun 2014 lalu disana pada saat monitoring terkait Tim Koordinasi Pengelolaan Wilayah Sungai, dan menyampaikan dihadapan Pihak Provinsi menyarankan bahwa segera tanami bambu-bambu, agar kerusakan tidak terlalu melebar, ternyata tidak di indahkan, resiko kerusakan tebing sungai kian hari bertambah parah.

Kami selaku unsur non pemerintah selalu siap memberikan masukan kepada pemerintah secara sukarela sesuai kapasitas kita, tutupnya.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori