Dinas Perpustakaan Daerah, Duta Baca Aceh Barat dan GenBI Aceh Gelar Literasi Perpustakaan Keliling

  • Whatsapp

Meulaboh, INFONANGGROE.com – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Barat, Duta Baca Aceh Barat dan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh berkolaborasi Menggelar Kegiatan “LITERASI PERPUSTAKAAN KELILING” yang mengusung Tema “Meningkatkan Minat Baca dan mengembangkan Cinta Buku Sejak Dini Melalui Perpustakaan Keliling” Selasa 16 Oktober 2019.

Kegiatan ini berlangsung di MIN 10 Kabupaten Aceh Barat yang berlokasi di Desa Kuta Padang, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat yang diikuti sebanyak 60 orang siswa/i di MIN tersebut.

Tujuan dilaksanakan kegiatan Literasi Perpustakaan Keliling ini yakni untuk memotivasi siswa/i MIN 10 Aceh Barat untuk lebih gemar membaca, karena dengan banyak membaca dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan umum.

Terdapat fakta yang menunjukan rendahnya minat baca di Indonesia, Faktanya, UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Diharapkan kegiatan Literasi Perpustakaan Keliling ini dapat mendorong siswa/i MIN 10 Aceh Barat untuk aktif berliterasi.

Ketua Panitia dari GenBI Aceh Alvionitasyah AP NST dalam hal ini mengatakan Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan cinta buku sejak dini melalui perpustakaan keliling.

“Perpustakaan keliling tentu sangat dirasakan manfaatnya, salah satunya mempermudah memberikan akses pelayanan buku-buku dan informasi kepada siswa-siswi yang jauh dari perpustakaan daerah Aceh barat. Untuk itu GenBi Aceh , Duta Baca Aceh Barat Bersama Dinas perpustakaan dan kearsipan Aceh barat bekerjasama menumbuhkan minat baca demi terwujudnya Aceh barat gemar membaca” Ujarnya

Rita Wati S.Pd.I Salah satu Guru Honorer MIN 10 Aceh Barat menyambut baik kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Barat.

“Kegiatan ini sangat bagus karena dengan adanya kegiatan ini anak-anak lebih senang dan termotivasi untuk membaca, karena ada hal yang berbeda dari perpustakaan pada umumnya, sehingga pembaruan yang di lakukan seperti perpustakaan keliling ini membuat mereka lebih partisipatif untuk membaca, kami harap kegiatan ini dapat berjalan rutin” Sebut Rita Wati S.Pd.I

Kepala Seksi Layanan dan Informasi di Perpustakaan Daerah dan kearsipan Aceh Barat, Asmanidar, S.H menyampaikan bahwa Kegitan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang akan dilakukan ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Aceh Barat dan di harapkan kedepan semakin banyak lembaga maupun komunitas yang bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Barat guna mendukung minat Baca.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan dan dalam 1 hari biasanya kita membagi 2 tim untuk mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Aceh Barat, semenjak kita bergabung dengan Duta Baca dan GenBI semangat dari siswa juga sangat luar biasa dan di dukung penuh oleh pihak sekolah semoga kami harap genbi dan duta baca dapat terus bekerjasama dengan kami kedepannya” tutup Ibu Asmanidar, S.H

Kegiatan di Akhiri dengan sesi diskusi dan pembagian doorprize dan foto bersama siswa/i, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh barat,guru serta Duta baca dan GenBI Aceh.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori