Data WhatsApp Masih Bisa Dicuri Hacker, Jangan Lakukan Ini!

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – WhatsApp mengklaim aplikasi chattingnya menerapkan teknologi tinggi sehingga hacker atau peretas atau pihak tak diinginkan tidak bisa membaca obrolan dalam aplikasi.

Ini karena WhatsApp sudah menerapakn fitur end to end encryption. Dengan fitur keamanan ini maka yang bisa membaca obrolan hanya penerima dan pengirim pesan. Bahkan WhatsApp sendiri tak bisa membaca obrolan.

Namun ada celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh hacker sehingga bisa membaca chatting WhatsApp. Cara lewat backup percakapan yang ada di platform cloud, baik itu Google Drive atau iCloud.

Backup obrolan di cloud tidak menerapkan end to end encryption. Bila hacker berhasil meretas dan mengakses cloud maka obrolan chatting WhatsApp bisa dibocorkan atau diungkap ke publik.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan menonaktifkan backup di Google Drive atau iCloud. Cara ini juga meningkatkan privasi pengguna. WhatsApp juga menyediakan opsi backup chatting secara lokal atau di penyimpanan internal (internal storage), opsi ini bisa dimanfaatkan.

Berikut cara menonaktifkan backup chatting WhatsApp di cloud seperti dikutip CNBC Indonesia dari India Today, Jumat (9/Oktober/2020):

A. Menonaktifkan Backup Google Drive

Buka WhatsApp

Pilih tiga titik di sisi kanan atas

Buka Setting> Obrolan > Backup Chat (WhatsApp menunjukkan kapan terakhir kali backup dilakukan di Google Drive)

Pilih Backup to Google Drive dari Google Drive Setting

Pilih never atau Only when I tap ‘Back Up’ untuk pengaturan manual.

B. Menonaktifkan Backup iCloud:

Buka WhatsApp

Tap Setting di sudut kanan bawah

Pilih opsi Chatts > Chat BackUp

Tap Auto Backup dan pilih off.

Rubrik       : News, Sosial
Sumber    : Cnb indonesia

Pos terkait