Cloudflare untuk mencabut layanan 8chan, membuka situs fringe untuk serangan DDoS

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Cloudflare, layanan infrastruktur online yang membantu situs web mengurangi serangan DDoS. Akan menghentikan layanannya untuk 8chan setelah penembakan nasionalis kulit putih yang mematikan di El Paso, Texas pada akhir pekan.

Pemilik 8chan telah diberitahu bahwa layanan mereka akan dicabut, membuka situs tersebut untuk kemungkinan serangan DDoS yang dapat mematikannya sepenuhnya. Seperti dilansir The Verge Cloudflare akan secara resmi menutup layanan pada tengah malam Waktu Pasifik malam ini. Tidak jelas apakah pemilik 8chan telah menemukan layanan keamanan baru untuk menggantikan Cloudflare.

“TAK TERTINDAK KITA MENGAMBIL HARI INI TIDAK AKAN MEMPERBAIKI Benci ONLINE”

Pemilik 8chan tidak menanggapi permintaan komentar yang berulang.

“Sementara menghapus 8chan dari jaringan kami membuat kami panas, tidak ada artinya untuk menjawab mengapa situs kebencian membusuk secara online,” tulis Matthew Prince, salah satu pendiri dan CEO Cloudflare dalam posting blog Minggu malam. “Tidak ada gunanya menjawab mengapa penembakan massal terjadi. Tidak ada gunanya untuk menjawab mengapa sebagian populasi merasa sangat kecewa sehingga mereka menjadi benci. ”

“Dalam mengambil tindakan ini, kami telah memecahkan masalah kami sendiri, tetapi kami belum menyelesaikan Internet,” lanjutnya.

Pendiri 8chan, Fredrick Brennan, mengucapkan terima kasih kepada Cloudflare karena menghentikan layanannya, mengatakan dalam tweet “Akhirnya mimpi buruk ini mungkin berakhir.”

Penembakan hari Sabtu di El Paso, tempat sedikitnya 20 orang tewas dan dua lusin lainnya luka-luka, adalah penembakan massal ketiga yang terkait dengan 8chan dan ideologi nasionalis kulit putih tahun ini. Yang pertama, di Christchurch, Selandia Baru, membawa situs web pinggiran ke dalam diskusi arus utama kembali pada bulan April, tetapi Cloudflare menolak untuk mencabut layanannya.

Cloudflare telah menendang situs-situs lain yang penuh kebencian dari layanannya sebelumnya, terutama Daily Stormer. Penolakan Holocaust, neo-Nazi dan situs web supremasi kulit putih dan papan pesan. Namun, pesaing Cloudflare melangkah untuk mengganti layanan mereka ketika mereka dicabut hampir dua tahun lalu. Dan situs webnya masih tersedia hingga hari ini.

“Sayangnya tindakan yang kita ambil hari ini tidak akan memperbaiki kebencian online,” tulis Prince. “Ini hampir pasti bahkan tidak akan menghapus 8chan dari Internet. Tetapi itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.”

Rubrik       : Tak Berkategori