Cendekiawan Australia Klaim Sukses ‘Membuat-Ulang’ Virus Corona untuk Diteliti

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Para Ilmuwan di Australia berhasil menciptakan-ulang virus corona baru yang mereka sebut sebagai ‘terobosan signifikan’. Penemuan ini dilakukan dengan harapan bisa membantu dalam upaya mendiagnosis hingga mengobati wabah virus dan telah diserahkan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Para peneliti di laboratorium spesialis di Melbourne, Australia, mengatakan mereka bisa membuat virus tersebut dengan cara menumbuhkan salinan virus dari pasien yang terinfeksi.

“Kami sebelumnya telah melakukan penelitian ini selama bertahun-tahun sampai kami mendapatkan jawabannya,” kata Dr Mike Catton dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan Kekebalan yang dikutip dari BBC.

“Penemuan ini bisa digunakan untuk mendeteksi adanya virus di tubuh seseorang, meskipun dia belum menunjukkan gejalanya,” imbuhnya seperti diberitakan detikcom.

Dr Catton mengatakan, virus itu akan mengetes apakah antibodi dalam tubuh orang yang diduga itu bekerja dengan baik. Jika iya, virus itu akan lenyap. Tapi jika tidak, salah satu akibatnya adalah kematian.

“Ini (virus baru) juga akan membantu dalam penilaian percobaan efektivitas vaksin untuk coronavirus itu sendiri, berhasil atau tidak,” katanya.

Hingga saat ini WHO sendiri belum bisa memastikan apakah virus corona ini bisa menular meskipun belum terlihat gejalanya.

Rubrik       : Tak Berkategori