Buku Sejarah, Adat dan Budaya Abes Diluncurkan

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan dan Bedah buku “Aceh Besar Sejarah, Adat dan Budaya”. Peluncuran buku tersebut dilakukan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali di Aula Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gani, Ingin Jaya.

Dalam sambutannya Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengatakan, buku ini akan memberikan pemahaman baru dan juga langkah maju bagi Aceh Besar yang memiliki berbagai macam sejarah, adat dan budaya. “Aceh Besar merupakan pintu gerbang masuk ke Aceh, mulai dari masa kerajaan sampai masa melawan penjajahan, semua sejarah Aceh itu tidak pernah terlepas dari Aceh Besar,” ujarnya.

Ia mengungkapkan Aceh Besar yang seutuhnya adalah antara kewedanaan Seulimuem, Lhoknga, Sabang termasuk Banda Aceh, dan masih banyak sejarah dan nilai budaya lainnya seperti Indrapatra, Indrapurwa dan juga Indrapuri yang membuktikan Aceh Besar yang dulunya adalah sebuah bangsa yang besar atau lebih dikenal ‘Aceh Lhee Sagoe’.

“Kehebatan masa dulu itu sebagai cerminan untuk menatab masa depan, bahwa nenek moyang kita memiliki karya-karya yang besar, kita berharap generasi kedepan juga begitu,” ujar Mawardi.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar juga mengucapkan terima kasih kepada penulis yang sudah menggali nilai-nilai sejarah dan budaya ini dan membukukan sehingga menjadi pegangan bagi generasi mendatang untuk mengukir sejarah yang hebat-hebat.

“Harapan kita semua agar sejarah, adat dan budaya Aceh Besar dapat ditulis serta dibukukan, sehingga menjadi pegangan dan ilmu bagi anak cucu kita nantinya,” demikian Ir Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar Dr Silahuddin MAg mengatakan, buku ini sangat panjang prosesnya bagaimana Sejarah, Adat dan Budaya Aceh Besar dapat dibukukan. Buku “Aceh Besar Sejarah, Adat dan Budaya” ini ditulis oleh sejarawan asal Aceh Besar yakni Rusdi Sufi, Agus Budi Wibowo dan Asnawi Zainun. Buku ini terdiri dari beberapa bagian yang berisikan tentang sejarah bagaimana masuknya Islam ke Aceh Besar dari Lamuri sampai semua tempat-tempat di Aceh Besar.

Rubrik       : Tak Berkategori